Masyarakat Nelayan Desa Legung Timur Sumenep Gelar Petik Laut

0
305

Sumenep Sigap88- Acara ritual Petik Laut atau di kenal oleh masyarakat Madura dengan nama Rokat Tase’ merupakan sebuah acara adat turun temurun yang dilakukan setiap tahun oleh para nelayan.

Rokat tase’ (Petik laut) merupakan tanda syukur kepada ALLAH atas segala rejeki dari laut yang telah dilimpahkan selama ini.

Petik Laut yang diselenggarakan oleh para nelayan desa Legung timur, kecamatan Batang batang kabupaten Sumenep, Jawa timur di ikuti oleh 36 perahu nelayan yang biasa dipergunakan untuk mencari ikan ke laut.

Ke- 36 perahu nelayan yang ikut dalam acara ini dihiasi dengan pernak pernik sehingga kelihatan indah, semua perahu berjejer laksana perahu kerajaan yang akan mengantarkan permaisuri.

PT Banner BaitiSholawat

“Untuk menghias perahu ini menghabiskan dana sebesar 25 juta lebih, dan hal ini merupakan kebanggaan bagi kami sebagai orang nelayan”, ucap Yatik pemilik perahu Rajawali.

Perayaan ini merupakan suatu tanda syukur kepada ALLAH yang mana selama ini kami diberikan limpahan rejeki melalui laut, yaitu ikan.

“Rasa syukur kami kepada ALLAH dengan mengadakan ritual petik laut yang merupakan budaya turun temurun sejak nenek moyang kami”, pungkas Yatik.

Salah satu anggota DPRD kabupaten Sumenep, dari dapil V H. Natatullah menyampaikan, prosesi Petik Laut atau lebih dikenal oleh masyarakat Madura terutama kabupaten Sumenep, dengan kata Rokat tase’ merupakan suatu prosesi yang biasa di lakukan oleh para nelayan.

“Ujud syukur kepada ALLAH atas segala nikmat dan rejeki yang telah diberikan lewat laut sehingga prosesi Rokat tasek dilaksanakan”, katanya.

Politisi Partai PKB dari dapil.V ini menambahkan “sebelum diadakan larung laut semua pemilik perahu mengadakan syukuran dengan khataman Al-qur’an, memohon kepada ALLAH agar supaya tetap dalam lindungannya dan diberikan nikmat juga Rejeki”,

Selanjutnya dilakukan larung laut yang mana ke 36 perahu mengikuti prosesi melakukan arak arakan membawa sajian yang akan di larung ke tengah laut. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE