Malam Ini Ribuan Umat Muslim Akan Penuhi Monas

0
1138

Jakarta – Sebagai tanda dibukanya kembali kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk berbagai kegiatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar kirab dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW serta tausiyah kebangsaan pada Hari ini, Minggu (26/11) di Patung Sudirman, Jakarta Pusat.

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno melepas acara ini sekitar pukul 06.38 WIB.

Acara ini digelar untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu.

Selain itu, pada malam nanti, acara akan dilanjutkan dengan menggelar tausiah akbar di Monas pukul 19.00 WIB, untuk mendoakan jasa para pahlawan.

Minggu (26/11), Malam ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar tausiyah kebangsaan oleh Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

Tausiyah kebangsaan akan diisi dengan shalat Isya berjemaah, zikir, shalawat, maulid nabi, dan tausiyah.

Sejumlah tokoh agama dan ulama direncanakan akan hadir dalam acara tersebut.

Sandiaga Uno mengatakan, kawasan Monas, Jakarta Pusat, boleh digunakan untuk kegiatan kemasyarakatan, kebudayaan, maupun keagamaan apa pun.

Asalkan, kegiatan-kegiatan itu digelar untuk menyatukan warga dan tidak mengganggu ketertiban.

“Mau Maulid, Tablig, Natal, Galungan mungkin, Waisak, boleh (di Monas) selama tertib, tidak semerawut, tidak buang sampah, tidak ganggu keamanan, tidak ganggu kenyamanan warga Jakarta, dan bayar, kami persilakan untuk memakai selama mempersatukan warga,” ujar Sandi.

Sebelumnya, kegiatan keagamaan dilarang dilaksanakan dengan mengacu Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI Jakarta Nomor 150 Tahun 1994 tentang Penataan Penyelenggaraan Reklame di Kawasan Taman Medan Merdeka (Monas).

Pemerintah DKI Jakarta, menilai pencabutan larangan dilakukan untuk mempersatukan warga Jakarta tanpa memandang agama dan golongan tertentu.

Pemerintah DKI Jakarta juga telah melakukan koordinasi dengan Istana terkait pencabutan Pergub tersebut, mengingat posisi Monas yang berdekatan dengan ring satu Istana Negara.

Berdasarkan pantauan di lokasi, acara berlangsung meriah dengan hadirnya sejumlah parade di antaranya parade ondel-ondel, sepeda ontel, barongsai, marching band MTSN 40, Reog Ponorogo dan teatrikal Pahlawan Jenderal Sudirman. Warga yang hadir pun antusias menyaksikan aksi para penari.

Dalam pelepasannya, Sandi disambut meriah oleh para peserta yang hadir. Sandi menunjukkan aksinya dengan menaiki reog ponorogo.

Seluruh pengunjung yang hadir berusaha untuk mengabadikan momen tersebut

Adapun pejabat yang hadir mulai dari Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Salahuddin Uno, Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi, Wakil Ketua DPRD Muhammad Taufik, dan Sekretaris Daerah Saefullah.(Red/Kum/Kp)

Komentar
Content Protection by DMCA.com