Majelis Sholawat Nariyah Ds Ketawang Larangan – Sumenep Ziarah Wali Songo

104

Sumenep | SIGAP88 – Bagi warga Nahdliyin ziarah ke makam Aulia merupakan sebuah kebiasaan rutin.

Hal tersebut terdapat kebahagiaan dan ketenangan tersendiri ketika bisa bermunajat dan berdoa di makam para wali Allah.

Menyadari akan pentingnya hal tersebut, Pengurus Majelis Sholawat Nariyah, Ds. Ketawang Larangan kec. Ganding Kabupaten Sumenep, Madura- Jawa Timur menyelenggarakan safari ziarah ke makam para wali Songo di kawasan Jawa Timur, Jawa Tengah hingga ke Jawa Barat, Jumat, (28/8/20) di masa new normal atau tatanan kehidupan baru 

Dalam pelaksanaan new normal ini, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan, memakai masker dan physical distancing (jaga jarak)

Menurut Ainiyah, koordinator kegiatan, ziarah bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas diri kepada Allah SWT dengan mengenang sejarah para wali dalam berjuang dan menyebarkan agama Islam.

“Dengan mendatangi makam para aulia di samping memanjatkan doa dan tahlil juga dapat meneladani perjuangan beliau dalam berdakwah,” ungkapnya, Selasa, (1/9/2020)

Ainiyah tidak khawatir tertular virus corona karena menjalankan protokol kesehatan. Ainiyah dan rombongan memakai masker dan membawa hand sanitizer. Mereka juga menjaga jarak dengan pengunjung lain.

Di sekitar makam juga tersedia tempat mencuci tangan, lengkap dengan sabun dan air mengalir. Para peziarah juga mengambil wudu sebelum masuk ke makam.

Rute diawali dari makam Sunan Ampel, Sunan Gresik, Sunan Giri, berakhir di Sunan Gunung Jati Cirebon

Dalam kesempatan ini, acara kegiatan ziarah wali diikuti 36 peserta yang berasal dari anggota jamaah Sholawat Nariyah, Ds. Ketawang Larangan kec. Ganding Kabupaten Sumenep, Madura

Kegiatan ziarah kubur itu bertujuan meningkatkan ketaqwaan agar selalu mengingat kematian dan agar lebih giat dalam menjalankan ibadah.

Selain berziarah, Ainiyah juga mengajak jamaah untuk napak tilas perjalanan para Wali yang menjadi pelopor agama Islam di Nusantara. Diharapkan dengan adanya ziarah itu semakin mengingatkan para peserta untuk lebih dekat kepada Allah.(bib/Red)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE