Mahasiswa IDIA Sosialisasi Pentingnya Layanan Konseling

16

Sumenep | Sigap88 – Mahasiswa Institu Dirosat Islamiyyah Al-Amin (IDIA) yang tergabung dalam Praktek Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Prenduan, Sumenep, Madura, Jawa timur, melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya kepada para Guru mengenaii pentingnya pendidikan dengan penerapan teknik pembelajaran dan teknik layanan konseling.

Pelaksanaan sosialisasi terlaksana di SDN 2 Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten setempat pada hari Selasa 8 Desember 2020, dengan tema upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan tehnik pembelajaran dan konseling.

Sebagai narasumber juwairiyah Mawardi menyampaikan TujuanĀ bimbingan danĀ konselingĀ yaitu untuk membantu siswa mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai makhluk Tuhan, sosial, dan pribadi.

“Dengan adanya konseling siswa didik akan merasa di perhatikan dan peserta didik bisa meraih kebahagiaan sebagai individu maupun makhluk sosial,” kata Juwariyah.

Juwariyah yang merupakan pakar di bidangnya dan sebagai pengajar dan penulis yang asli desa Karduluk menyampaikan, setiap orang memerlukan interaksi dengan orang lain dalam kehidupan sehari hari.

“Peserta didik sangat memerlukan bimbingan agar anak mampu tumbuh secara mandiri dan berkembang dengan optimal. Oleh karena itu, banyak sekolah memberikan pelayanan Bimbingan danĀ konselingĀ (BK) untuk membina siswa-siswi agar dapat berperilaku sesuai norma-norma yang berlaku,” tegasnya.

Diadakannya sosialisasi Konseling ini kata Juwariyah dikarenakan pihaknya mendapat informasi bahwa di Desa Karduluk ini banyak lembaga sekolah baik Negeri maupun swasta akan tetapi minat anak untuk belajar sangat kecil.

“Lembaga pendidikan di Desa Karduluk sangat banyak akan tetapi minat belajar siswanya sangat kurang,” terangnya.

Sementara, Hozainah sebagai anggota P2M mengatakan, tehnik konseling sangat penting untuk diterapkan kepada siswa guna meningkatkan motivasi belajar.

“Melalui konseling, setiap permasalahan yang dihadapi oleh siswa lebih cepat di selesaikan,” jelasnya.

Hozainah sebagai ketua pelaksana berharap, dengan adanya motivasi tersebut, minat belajar siswa akan lebih meningkat, serta orang tua dan guru lebih menyadari akan pentingnya motivasi belajar.

Sehingga orang tua juga memberikan dorongan terhadap anaknya supaya anaknya lebih giat lagi belajar.

Kepala sekolah SDN Karduluk 2 Slamet yang dalam kesempatan tersebut menghadiri sosialisasi tersebut menyampaikan bahwa,, sosialisasi ini sangat penting untuk lebih meningkatkan wawasan tentang Konseling.

“Sosialisasi ini sangat penting bagi kami para Guru untuk lebih luas wawasan dalam memberikan konseling kepada anak didik, sehingga peserta didik berprilaku sesuai norma norma yang ada,” ujar Slamet. (Koes/w*)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE