Lsm GMBI Pasuruan Raya Gelar Aksi Damai Di Desa Semare, Ini Tuntutannya

0
132

Pasuruan, Sigap88 – Lsm Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Pasuruan Raya, pada hari Senin (11/2/2019) menggelar unjuk rasa dengan melakukan aksi damai.

Aksi damai yang dilakukan GMBI kali ini menuntut kepada 4 perusahaan di desa semare, kecamatan Kraton, kabupaten Pasuruan Jawa Timur, yakni PT. PGN, PT. Pertagas, PT. Isargas dan PT. HCML.

Pasalnya, menurut GMBI Distrik Pasuruan Raya, dana CSR dari ke 4 perusahaan tersebut tidak ada transparansi karena sampai detik ini jalan-jalan di desa Semare masih rusak tidak adanya perbaikan.

Orasi dilakukan di depan kantor perusahaan gas negara yang terletak di desa semare, dengan penyampaian terkait dengan tuntutan CSR yang tidak kunjung terealisasi.

Pengembalian fungsi awal sungai disekitaran jalan desa Semare yang awalnya lebar 4 meter menjadi 2 meter, Perbaikan jalan-jalan yang rusak dan keterbukaan pemberian dana CSR kepada masyarakat.

Ashari mengatakan, “Pemerintah desa tidak transparan terkait dengan perjanjian yang dilakukan antara perusahaan dan kepala desa Semare, karena GMBI yang notabene mewakili warga terdampak tidak diikut sertakan dalam perjanjian tersebut,” kata Ashari.

Sempat terjadi perdebatan yang sangat alot antara pihak kepolisian dengan pengunjuk rasa karena perwakilan dari perusahaan tidak mau menemui, sampai akhirnya akses jalan fasilitas perusahaan ditutup oleh masyarakat.

“Kita tetap akan tutup akses jalan untuk fasilitas perusahaan karena itu bukan merupakan fasilitas perusahaan, melainkan jalan desa,” kata Ashari ketua GMBI Pasuruan Raya.

Ratusan para pengunjuk rasa akhirnya meredah setelah pihak kepolisian berjanji secepatnya untuk memfasilitasi guna mempertemukan antara perwakilan dari pihak perusahaan dengan pengunjuk rasa

“Pihak Kepolisian berjanji akan mempertemukan kita, masyarakat dengan perwakilan perusahaan. Tapi apabila hal ini meleset, kita akan galang aksi yang lebih besar lagi,” pungkas Ashari. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE