Lomba Desa Tingkat Kabupaten, Desa Rubaru Tingkatkan SDM

28

Sumenep | Sigap88 – Dalam rangka mengikuti lomba Desa tingkat Kabupaten Sumenep desa Rubaru memaparkan beberapa kegiatan dan pengembangan peningkatan SDM desa Rubaru yang terselenggara di pendopo desa Rubaru. Selasa (1/12).

Tim penilai yang terdiri lintas sektor, Dinas PMD, Bakesbangpol, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, pemerhati kesenian, Praktisi hukum, LSM dan Wartawan.

Semua perangkat desa Rubaru yang mengikuti penilaian berseragam pakaian adat Madura (pesak) dengan memakai kaos putih bertuliskan Desa Rubaru apangrasah pantes asabbu’ Kaleb.

Yang pengertiannya APANGRASAH: Apangajih E Roma Perangkat Desa, PANTES adalah Pelayanan Administrasi Terpadu Desa sedangkan ASABBU’ KALEB mempunyai pengertian Apolkompol Sabbhen Bulen e Bengkonah Pak Kalebun.

Ketua tim penilai dari Dinas PMD Sumenep Tabrani menyampaikan, lomba desa adalah penilaian perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat, Ini merupakan salah satu upaya mendorong usaha pembangunan, sekaligus meneliti dan menilai keberhasilan usaha masyarakat dalam pembangunan desa.

“Lomba desa ini untuk memberikan motivasi kepada pemerintah desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif, dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat desa,” ujarnya.

Lanjut Kabid Pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat, Tabrani, Dalam pelaksanaan lomba desa ini, selain melakukan verifikasi administrasi, pemaparan, evaluasi capaian pembangunan, dan tata kelola pemerintahan, juga dilakukan verifikasi lapangan untuk mencocokkan antara administrasi dan kondisi riilnya.

“Penilaian akan kami lakukan secara transparan sehingga, hasilnya akan lebih baik dan kami pula akan melakukan penilaian tentang data keunggulan desa yang saat ini menjadi trend peningkatan ekonomi masyarakat desa,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala desa Rubaru Rudiyanto menyampaikan, lomba desa ini merupakan suatu langkah inovasi kepada kami semua aparatur desa untuk meningkatkan peran dalam pelaksanaan pengembangan di semua aspek di desa Rubaru.

“Yang diperlombakan ini merupakan suatu hal yang telah di lakukan oleh kami dan masyarakat di setiap dusun dalam pengembangan SDM baik peningkatan ekonomi, budaya dan adat istiadat,” terang Kades Rudi. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE