LASMI: Mendidik Pewarta Lebih Cerdas

36

Malang, Sigap88-Diklat jurnalis ke 3 yang digelar oleh Lembaga Supreimasi Media Indonesia (LASMI) bertempat di villa Yeyen Bumiaji Kota Batu. (29/7/2018)

Acara tersebut di hadiri puluhan peserta dari berbagai macam media.

Dalam acara, Yunanto, selaku Narasumber yang tidak diragukan lagi kemampuannya.

Yunanto, mantan wartawan senior, juga pernah menjabat pimred di berbagai media nasional dimasanya.

Selaku nara sumber, di depan puluhan anggota jurnalis dari berbagai media, dia menyampaikan,

“Dengan adanya pelatihan ini, kedepannya akan melahirkan jurnalis-jurnalis muda yang berkualitas, tidak hanya pandai mengolah dan menulis berita saja, akan tetapi mampu mendidik dan mencerdaskan para pembaca,” Tuturnya.

Lanjutnya, pertemuan Diklat Jurnalis season ke 3 ini memiliki topik, Ayo Sinau Bareng (ASB), belajar berbahasa Indonesia Jurnalis yang baik.

Senjata Jurnalis adalah kata-kata. Bagi para jurnalis, bagaimana dia bertutur, menyikapi dan menjadi sebuah hasil karya tulisan,, itu mencerminkan kualitas jurnalisnya.

Dalam ulasan diklat LASMI, mantan Wartawan Senior Surabaya post Tahun 80 an itu memaparkan, bagaimana cara penulisan dalam berita yang baik, dengan menggunakan bahasa yang baku.

Disamping itu, pembuatan berita judul maksimal 7 Kata, Lead berita harus mengandung ruh, agar nantinya para pembaca merasa tertarik dan nyaman dalam membaca.

Berbagai materi karya tulis (jurnalistik) yang disampaikan dalam memontum tersebut sembari diselingi sesi tanya jawab.

“Ketentuan seorang jurnalis harus patuh dengan UU Pers dan Wartawan harus melek hukum,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, para kuli tinta yang hadir bukan dari Wartawan semalang Raya saja, tetapi juga ada yang dari Sidoarjo maupun daerah lainya. (Thur)

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA 0838 3025 3823 dan Telp 081 249 484 666 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS