Langgar Kode Etik, Ketua KPU Kabupaten Pasuruan Dicopot Dari Jabatan

0
0

Pasuruan, Sigap88 – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mencopot jabatan Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Winaryo Sujoko yang telah melanggar kode etik. Pemecatan itu dilakukan setelah gugatan pelapor, Anjar Suprianto merupakan warga Gempol Kabupaten Pasuruan dikabulkan DKPP.

Putusan DKPP tersebut telah tertuang dalam Maklumat dengan No 28/DKPP-PKE-VII/2018 tertanggal 18 April 2018. DKPP memutuskan untuk menjatuhkan sanksi peringatan keras dan pemberhentian tetap kepada Winaryo Sujoko dari jabatan Ketua KPU Kabupaten Pasuruan.

Tidak hanya itu, DKPP juga memerintahkan kepada Bawaslu Jatim untuk selanjutnya menindaklanjuti terkait putusan tersebut paling lambat 7 hari sejak putusan dibacakan. Bawaslu RI diminta untuk mengawasi pelaksaan putusan yang bersifat final dan mengikat tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Winaryo Sujoko, mengaku pasrah atas putusan yang dijatuhkan DKPP. Pihaknya mengaku bahwa selama proses penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Pasuruan dirinya merasa sudah melakukan tindakan sesuai dengan prosedur.

KPU Kabupaten Pasuruan dilaporkan ke DKPP di Jakarta lantaran dianggap tidak transparan sehingga dituding telah melanggar kode etik dalam proses penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Pasuruan tahun 2018.

Sedangkan yang menjadi dugaan pelanggaran yang mengakibatkan dipecatnya Ketua KPU Kabupaten Pasuruan itu diantaranya terkait masalah kelengkapan administrasi sebuah dukungan partai politik kepada pasangan calon tunggal yaitu, (Adjib) Irsyad Yusuf – Mujib Imron. (Fiq/Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE