KPU Kabupaten Kediri Gelar Simulasi Nasional Pemilukada

23

KEDIRI, SIGAP88 – KPU Kabupaten Kediri menggelar Simulasi Nasional Pemungutan, Penghitungan Suara dan Penggunaan Sirekap di tingkat TPS (tempat pemungutan suara). Acara digelar di halaman KPU Kabupaten Kediri, Sabtu (31/10).

Dalam acara simulasi pencoblosan, KPU Kabupaten Kediri juga menghadirkan ketua KPU RI Arief Budiman, Tim Biro Teknis KPU RI, KPU Provinsi Jatim, KPU Jateng Dan KPU Bali, juga hadir Komisioner KPU Kab/Kota se-Jawa Timur.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, Program Nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dipercayakan kepada KPU Kabupaten Kediri karena dirasa paling siap menggelar simulasi nasional untuk pemungutan, penghitungan suara dan sirekap.

Ditambahkan Arief Budiman, KPU Provinsi Jatim dan KPU Kabupaten Kediri memberikan masukkan ke KPU RI. Beberapa KPU Kabupaten menyatakan siap untuk mendukung program nasional.

“Di Kabupaten Kediri ada pasangan calon tunggal mungkin penting juga melakukan simulasi di daerah. Dikarenakan, ada beberapa kesiapan akhirnya kita gelar di KPU Kabupaten Kediri,” kata Arief Budiman.

Anwar Ansori selaku komisioner KPU Kabupaten Kediri menjelaskan, kegiatan simulasi masih sesuai protokol kesehatan, dan ada hal baru yaitu Sirekap (sistem informasi rekapitulasi elektronik). Hasil dari Sirekap bisa didapat dari TPS, lalu discan di aplkasi Sirekap.

“Maka yang berkaitan dengan sirekap, perlu keahlian IT minimal dua orang yang bisa IT ditiap-tiap TPS, hal itu menjawab terkait perkembangan perubahan Situng menjadi Sirekap,” terang Anwar.

Perlu diketahui, dalam pemilihan serentak di Provinsi Jawa Timur ada dua Daerah yang memiliki calon tunggal yaitu Kabupaten Kediri dan Ngawi. (pRiez)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE