KPU Kabupaten Kediri Gelar Rapid Test

19

KEDIRI, SIGAP88 – Demi mensuksekan Pilkada 9 Desember KPU Kabupaten Kediri menggelar Rapid Test. Tujuannya untuk mewujudkan TPS yang aman dan sehat bebas dari penyebaran wabah pandemi Covid-19.

Kegiatan tersebut diagendakan 8 hari, mulai tanggal 28 November sampai 5 Desember. Mulai dari PPK, PPS, dan anggota LINMAS yang akan diterjunkan pada Hari H Pemilihan.

Agenda Rapid Test yang kini dilaksanakan merupakan amanat PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non-Alam Corona Virus Disease 2019 Covid-19.

Pelaksanaan Rapid Test digelar di beberapa tempat, diantaranya di RS. SLG, RS. Kabupaten Kediri, Gedung Bhagawanta dan beberapa RS swasta pendukung lainnya. Bertujuan demi menjaga physical distancing dan tidak menimbulkan kerumunan.

Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Kediri, Eka Wisnu Wardhana menyampaikan, sesuai agenda KPU, sejak tanggal 28 November hingga 5 Desember nanti, dilakukan Rapid Test kepada PPK, PPS serta anggota LINMAS. Seluruh penyelenggara adhoc, 208 orang di tingkat kecamatan, 2.064 orang di desa dan 29.799 orang di TPS telah dijadwalkan menjalani pemeriksaan.

“Delapan hari pelaksanaan Rapidnya, itu sejak 28 November kemarin, tanggal 5 Desember selesai,” katanya, Senin (30/11).

Ditambahkan Eka Wisnu Wardhana, jika ada petugas dinyatakan reaktif diintruksikan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Akan dicarikan petugas pengganti dengan bimbingan teknis khusus dan dipastikan harus memahami tugas dan tanggung jawabnya saat berada di TPS karena sudah mendekati hari H.

“Kalau dalam satu TPS ada 2 petugas yang reaktif, kita lakukan untuk isolasi mandiri dan diganti dengan petugas baru. Itupun harus melewati bimbingan teknis khusus,” terang Eka.

Diharapkan Eka, untuk pemilih pemula agar tidak golput, jika belum memiliki e-KTP, segera mendatangi Kantor Dispenduk Capil atau Kantor kecamatan sesuai alamat tinggalnya. Untuk kemudian dibuatkan Suket (Surat Keterangan).

“Jika belum punya e-KTP, pemilih pemula diharapkan ke Kantor Dispenduk Capil atau kecamatan sesuai tempat tinggal untuk dibuatkan Suket, karena itu merupakan syarat untuk menggunakan hak pilih,” Tutup Eka. (pRiez)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE