Koramil 0822/16 Cermee, Laksanakan Wasbang Kepada Komponen Masyarakat

0
13

Bondowoso, SIGAP88 – Wawasan Kebangsaan bagi bangsa Indonesia harus diarahkan untuk membentuk serta memperkuat basis budaya agar mampu menjadi tumpuan bagi usaha pembangunan di segala aspek kehidupan maupun di segala bidang.

Sudah waktunya memang wawasan kebangsaan ini diarahkan sejak dini (dalam arti kepada anak-anak / Generasi muda) mengingat kondisi sosial pada saat ini cukup rentang terhadap lunturnya pemahaman dan rasa kebangsaan kita.

Paham kebangsaan itu adalah bagaimana bangsa itu mewujudkan masa depannya, sedangkan Rasa kebangsaan adalah perasaan rakyat, masyarakat dan bangsa terhadap kondisi bangsa Indonesia yang dalam perjalanan hidupnya menuju cita-cita bangsa yaitu masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Danramil 0822/16 Cermee Kapten Inf Suwaji menjelaskan “Gampangnya begini, lunturnya rasa kebangsaan itu bisa tercermin dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai peristiwa”.

“Contohnya pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan 17 Agustus yang setiap tahun dirayakan kurang menggema, hal ini karena kurangnya penghayatan dan pengamalan terhadap Pancasila”.

“Perasaan mudah tersinggung yang mengakibatkan emosional tinggi dan berujung pada pembunuhan, bahkan adanya tuntutan sekelompok masyarakat dengan isu putra daerah terutama dalam Pilkada masih terjadi amuk massa dengan kepentingan sektoral, sehingga akan mengakibatkan pelaksanaan pembangunan nasional terhambat”, ujarnya. (Heri hw)’

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE