Koramil 0822/11 Tapen, Penggelontoran Bendungan Samba

0
47

Bondowoso, SIGAP88 – Bendungan Sampeyan Baru (SAMBA) merupakan bendungan terbesar yang ada di Kabupaten Bondowoso,  Jawa Timur.

Bendungan Sampean Baru juga merupakan salah satu tempat destinasi wisata yang sangat di gemari oleh para kalangan remaja dan juga para keluarga yang ingin menghilangkan kejenuhan dan mencari udara segar di Bendungan ini.

Bendungan Samba dibangun sejak tahun 1983, Namun sampai saat ini kondisi fisik bendungan ini masih kokoh dan terjaga dengan rapi serta bendungan ini dijaga sangat ketat agar tidak terjadi kerusakan sedikit pun oleh tangan jail para wisatawan.

Perwakilan Dinas PUPR Jatim di Bondowoso, Nanang dalam penyampaianya bahwa Bendungan Sampean baru tersebut kalau tidak dilaksanakan penggelontoran lumpur secara rutin  6 Bulan sekali  maka akan terjadi  masa kritis, dikarenakan dengan tingginya lumpur yang jika tidak cepat diatasi akan menyebabkan peninggian muka air serta mengurangi volume air.

“Dengan itu dipastikan air berkurang dan akan berdampak negatif pada saluran irigasi yang akan dialirkan ke petak petak sawah petani di belakang DAM tersebut. Dipastikan petani akan mengalami kerugian akibat kurangnya pasokan air pada hasil panen petani”, ujarnya.

Danramil Tapen Kapten Kav Andoko mengatakan Pengamanan penggelontoran lumpur bendungan sampean baru ini merupakan suatu langkah antisipasi terjadinya hal hal yang tidak di inginkan terhadap derasnya air bercampur lumpur yang akan menyeret apa saja yang dilalui aliran tersebut  dan membahayakan masyarakat yang memanfaatkan mencari ikan di pinggir sungai sekitar bendungan.

“Selain bertujuan  mengamankan pelaksanaan pengelontoran lumpur agar berjalan dengan lancar juga akan dapat dipastikan volume akan bertambah lagi dan limpahan air yang dikirim akan memenuhi target pengairan ke petak-petak sawah yang berada di belakang bendung dan otomatis membantu peningkatan penghasilan petani wilayah bondowoso dan Situbondo”,ungkap Danramil 0822/11 Tapen. (Hamid)

Komentar
Content Protection by DMCA.com