Komisi V DPR RI Tinjau Pelabuhan Tanjung Perak

0
363

Bambang Haryo: Fasilitas GSN dan Kesiapan Kepelabuhanan Baik

SURABAYA | SIGAP88 – Rombongan Komisi V DPR RI meninjau langsung fasilitas Angkutan lebaran (Angleb) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Kegiatan rutin tahunan ini, diharapkan para penumpang yang melakukan mudik dengan moda transportasi laut mendapatkan kenyamanan dan keamanan

Ir. H Bambang Haryo Soekartono anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Gerindra dapil Surabaya-Sidoarjo menyampaikan bahwa kunjungan rombongan dari Komisi V DPR RI ke Pelabuhan Tanjung Perak untuk melihat langsung insfraktuktur.

Mulai dari kesiapan pelabuhan hingga dalam kapal untuk antisipasi Angleb. Dimana angkutan lebaran H-15 sampai H+15, dilihat dari angkutan fasilitas yang ada sudah bisa mengantisipasi kebutuhan yang diharapkan bisa dengan baik.

Sedang dari sisi keselamatan kami juga menekankan, permasalahan yang berhubungan dengan emergensi,” termasuk juga yang berhubungan dengan Coastguard, jika terjadi yang tidak di inginkan sudah siap tugboat. Dalam hal ini KPLP selalu siaga dan ada 4 unit kapal yang disiapkan Patroli secara terus menerus backup antisipasi tersebut,” terang Bambang kepada wartawan, Kamis (23/5/2019).

Sementara, Dahri Kepala Distrik Navigasi Surabaya yang mewakili dari pemerintahan Ditjen Perhubungan Laut di Pelabuhan Tanjung Perak, di hadapan rombomgan Komisi V DPR RI menerangkan, di prediksi arus balik puncak mudiknya H+15 di bulan Juni dengan lonjakan penumpang adalah 3% dan posko yang di bentuk ada 2 posko komando dan posko tatib yang melayani penumpang turun maupun naik.

Sedangkan potensi yang tersedia sebanyak kurang lebih 37 tempat, yang dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke beberapa tujuan Pelabuhan.

“Dengan armada yang tersedia dari PT. Pelni ada 15 armada dan di bekup oleh PT. Dharma Lautan 6 armada, PT. Jembatan Nusantara 3 armada, lautan sejahtera 4 armada Athosim Kampung pelayaran ada 3, ASDP sendiri 1 Kapal, Kapal Perintis 3 armada dan juga ada armada milik PT. Pel ada 1. Berikut Kapal perintis yang si kelola Dishub Jatim” bebernya

Sementara lonjakan penumpang total ada 35 229 penumpang ditotal dari dispensasi penumpang. Mengingat masih ada bekup kapal induk Navigasi dua unit dengan kapasitas maaing-masing 100 penumpang dan juga da kapal Portek yang juga kapasitas 60 orang serta Kapal SAR kurang lebih 100 orang penumpang.

“untuk penumpang yang paling tinggi grafiknya yang datang dari Balik Papan mencapai 23216 bisa di cek tabel berikutnya”, ujar Dahri.

Dikesempatan yang sama, Ony Jayus Ceo Pelindo III Regional Jatim menerangkan, mengenai fasilitas di Terminal Gapura Surya Nusantara siap menampung penumpang jika menunggu Kapal delay bila cuaca tidak bersahabat, sehingga penumpang tidak mungkin menunggu diluar, maka disediakan dilantai 2 dan 3 siap menampung 700 orang menunggu Kapal dapat berlayar kembali.

“Tempat itu disediakan dengan fasilitas memadai full AC dengan gratis tanpa dipungut biaya” seloroh Ony dihadapan Rombongan DPR RI Komisi V.(Don/det/jak)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE