Kodim 0819 Gelar Lomba Hadrah se- Kabupaten Pasuruan

0
39

Pasuruan sigap88, Kesenian hadrah adalah salah satu kesenian khas islami yang mendapat tempat di hati umat Islam. Seni ‘terbangan’ yang berirama menghentak, rancak dan variatif membuat kesenian ini banyak digandrungi.

Hingga detik ini hadrah yang berasal dari kota Banjar ini paling banyak diminati, dan bahkan menjadi ekskul di sekolah-sekolah, pondok pesantren dan mulai semarak pula di kampus-kampus, kantor – kantor, bahkan di instansi.

Alasan inilah yang menjadikan Kodim 0819 Pasuruan sebagai tempat menyelenggarakan lomba Al Banjari se Kabupaten Pasuruan. Lomba yang digelar kamis (9/8/2018) ini dalam rangka Komsos Kreatif.

Dalam acara lomba tersebut yang menjadi juara pertama lomba Al Banjari adalah ‘Brandal Boys’ dari desa Legowok, Plt. Taufik. kec.Pohjentrek Budi Utomo, diketuai oleh Anshori dan ketua karang taruna Muslim Andria Manitra bersama Danramil pojentrek, Kapten ARH Iswanto, dan babinsa serda Agus Purwanto hadir dalam pendapingan lomba.

Ketua karang taruna Muslim Andria Manitra mengatakan, “Kami atas nama karang taruna mengucapkan banyak banyak terimakasih kepada Bpk TNI dan Panitia Lomba karena sudah memberikan kesempatan pada event ini untuk tampil dan berkreasi seni Islamiah, sehingga menjadi juara” ucap muslim ketua karang taruna

Bati Tu’ud Peltu Dwi Aris sebagai ketua panitia Kodim 0819 Pasuruan mendapat sambutan baik dari warga Legowok, dan berharap lomba ini diadakan tiap tahun.

Keunikan musik Rebana termasuk Banjari adalah hanya terdapat pada satu alat musik, yaitu Rebana yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan tanpa menggunakan alat pukul lain. (purnomo)

Komentar
Content Protection by DMCA.com