Ketua Forikan Sumenep, Himbau Masyarakat Lebih Banyak Konsumsi Ikan

0
244

Sumenep | sigap88 – Kabupaten Sumenep mendapat prestasi konsumsi ikan melebihi rata rata Jawa timur, sehingga prestasi ini kita lebih ditingkatkan lagi sehingga masyarakat Sumeneo betul betul sebagai masyarakat yang gemar mengkonsumsi ikan.

Hal itu di sampaikan oleh ketua Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional) Nurfitriana Busyro Karim saat menghadiri sosialisasi gerakan masyarakat gemar makan ikan yang terselenggara di pendopo kecamatan Bluto Selasa, 25/06/2019.

“Kita selalu mengadakan kegiatan sosialisasi di setiap kesempatan dan disetiap pertemuan kita selipkan terutama kepada semua kaum Ibu agar supaya anaknya dan keluarganya selalu mengkonsumsi ikan”, kata NurFitriana.

Nur Fitriana menjelaskan, dengan mengkonsumsi ikan akan meningkatkan IQ bagi anak dan pada kandungan ikan mempynyai omega 3 yang sangat baik bagi perkembangan anak.

“Prestasi yang di capai Sumenep harus ditingkatkan sehingga masyarakat Sumenep benar benar menjadi masyarakat pengkonsumsi ikan terbaik di Indonesia, seperti konsumsi ikan didunia terbaik dimiliki oleh Jepang sampai mencapai 100 lebih pertahun perkapita sedangkan kita hanya 53 pertahun perkapita .

“Kita sangat potensi mengenai produksi ikan akan tetapi kita harus memperbaiki bagaimana industri ikan yang ada dikabupaten Sumenep ini lebih baik,, seperti kwalitas ikan, kemasan dan yang lain, sehingga masyarakat lebih tertarik untuk mengkonsumsi ikan,” paparnya.

Sarana penunjang untuk tetap meningkatkan kwalitas ikan yang ada dikabupaten Sumenep sudah ada seperti gudang ikan yang ada di wilayah kecamatan Gapura, sehingga ikan yang ada ini tidak begitu saja kita jual.

“Dengan adanya Coold storage bisa meningkatkan inovasi dari masyarakat dan juga bisa meningkatkan kwalitas, sehingga kita bisa mengexport ikan yang masih segar keluar, yang nantinya akan berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat”, ungkap istri Bupati Busyro.

Bahkan ketua Tim penggerak PKK kabupaten Sumenep ini berharap, peningkatan kesejahteraan masyarakat lebih baik lagi, dengan adanya asuransi nelayan dan dengan inovasi masyarakat seperti mengolah ikan terlebih dahulu sebelum dijual yang tujuannya lebih meningkatkan harga.

“Demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, umumnya para nelayan diharapkan nantinya ada pabrik pengolahan ikan seperti pengepakan ikan, pengkalengan dan sebagainya,” pungkasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE