Kepala Desa Bunbun Indah War Jarang Di Tempat, Warga Mengeluh

0
606

Kutacane, SIGAP88 – Kepala Desa Bunbun Indah War Kecamatan Leuser Kabupaten Aceh tenggara jarang di tempat, Warga sangat mengeluhkan.

Atas keluhan warga setempat, pada Selasa (12/02/19) Awak media sigap88.com menemui ‘Nurdin’ selaku kepala desa Bubun Indah War dikediamannya di Desa Seri Kecamatan Bambel awak media mengkonfirmasi Kepala Desa, ia mengatakan” saya kesana – kesini, dulu pernah juga saya di panggil sama Bupati masalah kedudukan saya, ‘saya harus kesana- kesini pak, karena anak saya sekolah disini (desa seri)’ ” Kata Nurdin

“Kalau Masyarakat minta surat keterangan yang tidak menyangkut perdata dengan Sekretaris ,saya serahkan kepada Sekretaris, kalau menyangkut surat ganti rugi atau segala macam perkara saya yang tanda tangani, Stempel Desa ada sama Sekretaris ada sama saya pun” tegasnya Nurdin.

Lanjutnya” setiap surat dikeluarkan sekretaris dia harus dokumentasi kan, saya membuat wewenang penuh kepada Sekretaris Desa seperti surat nikah, rekomendasi, Kalau seperti Surat Kartu Keluarga (KK),Kartu Tanda Penduduk (KTP) kemari.”

Nurdin juga mengatakan ia selalu aktif ke Desa Bunbun Indah War setiap sebulan sekali.

Kemudian entah maksud apa Nurdin selaku Kepala Desa Bunbun Indah War mengakui bahwa ia juga selaku SekJen Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Alas Generasi Anti Korupsi (LSM GAGAK) kepada awak media.

Awak media tetap melanjutkan konfirmasi Nurdin mengenai Keluhan Warga

Kemudian Nurdin mengatakan kepada awak media” Wakil Bupati juga tahu masalah ini ‘domisili’, karena di laporkan Warga, waktu itu saya datang, perangkat desa datang, pihak keberatan datang, waktu itu dilaporkan masalah kegiatan Desa yang belum diselesaikan, waktu masuk Wakil Bupati masalah ini sudah saya Selesaikan”

Lanjutnya, “Wakil Bupati menyarankan diruangannya ‘usahakanlah masuk Pak Kepala Desa paling tidak sebulan sekali’ ,Penyampaian Wakil Bupati tersebut diruang kerjanya sekitar pada akhir tahun 2018 lalu” Jelas Nurdin.

Warga Bunbun Indah War menyampaikan keluhan tentang Domisili Kepala Desa pada Sabtu (02/02/19) lalu, Warga mengatakan” kami Keluhkan tentang surat menyurat dan kepentingan lainnya. masalah domisili Kepala Desa juga sudah pernah dikoordinasikan melalui musyawarah Desa,dan pernah juga kami usulkan dengan wakil Bupati Aceh tenggara,waktu itu jawaban Wakil Bupati menegaskan kepada kepala Desa harus berdomisili di tempat/Desa” kata warga Bunbun Indah War

“Kepala Desa tidak pernah ada keaktifannya di tempat, kalau ada kegiatan pembangunan Desa dia turun ke Desa, artinya kalau ada keluhan masyarakat selama ini tidak di perhatikan”

Lanjutnya, “Dulu pernah kami ada musyawarah tentang Domisili kepala Desa, waktu itu kata kepala Desa menyerahkan apapun urusan Kepala Desa ke perangkat desa. kemudian pernah terjadi kami mengusulkan surat menyurat kepada perangkat desa, perangkat desa bilang mereka tidak tahu, kepala desa semua menanganinya, sementara kepala desa sudah menyerahkan, kami Warga seakan di bolak-balik kan” jelas warga Bunbun Indah War

Warga setempat inginkan kepala desa berdomisili di Desa, jika jarang di tempat suatu urusan kepentingan Masyarakat Desa dapat mengakibatkan terlambatnya roda Pemerintahan Desa.

Hal ini sangat memprihatinkan, ditambah lagi ketika Warga ada keperluan Sesuatu, contohnya seperti keperluan kepada Kepala Desa terasa sulit dikarenakan dengan situasi sekitar daerah kecamatan Leuser tersebut kondisi sinyal atau jaringan Handphone sulit didapatkan’tidak ada’ sehingga Warga dapat terkendala untuk berkomunikasi.

Bahkan untuk menemui Kepala Desa Warga harus menempuh perjalanan sangat jauh, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam lebih dari Desa bunbun Indah War Kecamatan Leuser ke Desa Seri Kecamatan Bambel ialah lokasi kediaman kepala Desa.

(MA)

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA/Telp 0838 3025 3823 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS