Kawasan Pendidikan Seharusnya Steril Dari Jenis Iklan Rokok

0
552

Malang,sigap88.com – Kawasan pendidikan Sekolah TK/SD/SMP Sang Timur tepatnya di jalan Bandung no. 2 Kota Malang “terpapar” iklan rokok. Suatu hal yang sangat disayangkan bahwa kawasan sekolah atau kawasan pendidikan dikotori oleh gambar event iklan sebuah produk rokok yang tidak pada tempatnya

4 (empat) buah banner tertangkap kamera sigap88.com berdiri di atas trotoar dan ada tanda larangan PKL berjualan diatas trotoar, jalur hijau, dan atau fasilitas umum lainnya kecuali kawasan yang telah ditetapkan oleh Walikota. Pelanggaran tersebut juga bisa diancam pidana kurungan 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp. 10.000.000,(sepuluh juta rupiah)

Lokasi yang persis didepan pagar sekolah berdiri banner-banner yang bertuliskan logo suatu produk rokok. Orang tua murid serta murid-murid dari TK sampai SMP “menikmati” iklan tersebut tanpa bisa berbuat apa-apa. Seorang wali murid mengatakan “ini hal yang tidak pantas, dan tidak pada tempatnya. Bagaimana saya harus menjelaskan gambar iklan tersebut kepada anak saya”.

Dikonfirmasi secara terpisah via telepon Leo (manager marketing) distributor perusahaan rokok Gudang Garam yang melakukan promosi membenarkan posisi banner tersebut. Kepada sigap88.com senin, (20/11/2017) dirinya mengakui “ pihak kami yang melakukan pengajuan titik lokasi dan disetujui oleh pihak pajak atau Dinas Pendapatan Daerah”.

Sekolah merupakan salah satu tempat yang harus steril dari iklan rokok, bahkan Pemda Kota Malang sedang merancang Perda Kawasan Tanpa Rokok. Jika apa yang disampaikan oleh Manager Marketing Gudang Garam Malang tersebut benar adanya, berarti ada pihak yang memberikan ijin yang juga melakukan kesalahan dan pelanggaran. Bagaimana mungkin kawasan yang seharusnya tidak boleh malah terdapat iklan rokok.

Terkait kenapa harus memilih kawasan sekolah sebagai titik iklan rokok, “saya tidak tahu detail lokasinya”. Ungkap Leo.

Pemkot Malang harus tegas menindak terhadap pelanggaran-pelanggaran iklan rokok di kawasan sekolah/pendidikan. Sebab Pemkot Malang berkewajiban melindungi siswa-siswi untuk tidak “terpapar” dan terpengaruh oleh iklan rokok yang kian massif. Jangan hanya mementingkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak iklan rokok, tetapi perhatikan juga etika dan estetika kota serta kepentingan masyarakat.(tim)

Komentar
Content Protection by DMCA.com