Kawasan Hutan Produksi Dusun Jebu di Rusak Alat Berat Perusahan Tambang Timah Illegal

0
84

Bangka Barat, SIGAP88 – Sabtu siang, (10/11) satu unit excavator/ PC terlihat sedang menggali dan memindahkan tanah di kawasan hutan produksi untuk kepentingan pengusaha Tambang Timah illegal, sedikitnya lima set mesin diesel tambang sedang bekerja untuk mengambil pasir timah di kawasan hutan terlarang tersebut.

Kawasan hutan produksi yang berlokasi di Dusun Jebu Darat Desa Kelabat Kecamatan Parit Tiga Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, lokasinya sangat mudah di jangkau hanya 30 meter dari jalan raya penghubung antara Desa Kelabat dan Desa Cupat Kecamatan Parit Tiga.

Menurut salah satu pekerja, tanah seluas itu ( lebih kurang 100 Hektar) di duga di kuasai oknum mantan anggota legislatif setempat berinisial JU.

“Semua ini punya bos (JU-red). Dulu di tanah ini ditanami karet dan sawit, tapi lama kelamaan dibeginikan (ditambang-red),” jelasnya.

Melyadi KPHP Kecamatan Parit Tiga saat di hubungi wartawan melalui sambungan telpon hari ini, Minggu 11/11/18 mengatakan bahwa hari senin, 12/11/18 akan langsung kelapangan untuk mengecek lokasi yang dimaksud, dikatakan Melyadi bahwa di lokasi itu juga terdapat kawasan hutan produksi yang telah di kuasai oleh perusahaan swasta

Jika lokasi Excavator dan pertambangan tersebut berada di kawasan milik perusahaan swasta maka perusahaan swasta itulah yang harus menindaknya, ujar Melyadi.

Lanjut Melyadi jika para pemilik tambang, pemilik alat berat dan illegal logging sering beroperasi diam- diam seperti pada hari- hari libur dan malam hari di kawasan hutan produksi Parit Tiga, sehingga sangat menyita waktu dan tenaga. (Imw)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE