Kapal Pesiar Terbesar Genting Dream Singgah di Pelabuhan Tanjung Perak

0
9922

Angkut 3400 Wisatawan

Surabaya – Ada hal yang beda di pelabuhan Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Selasa (12/12).

Sejak pagi sekali, sudah nampak kesibukan di Pelabuhan terbesar di Jawa Timur itu.

Puluhan mobil dan bus sudah tertata rapi di lapangan parkir, berbagai macam UKM mulai dari batik hingga kerajinan tangan juga sudah memamerkan hasil karya masing-masing.

Sementara itu, di sisi dermaga sudah terdengar alunan musik yang mengiringi para penari Reog Ponorogo menunjukkan kebolehannya.

Semua itu dilakukan untuk menyambut kedatangan perdana Kapal Pesiar Genting Dream ke Pelabuhan Tanjung Perak yang mengangkut 3.400 wisatawan dan 2.000 kru kapal.

General manager PT Pelindo III(persero) Cabang Tanjung Perak Capt. Onny Djayus¬† mengatakan, “kapal itu merupakan kapal Pesiar paling besar yang pernah masuk ke perairan Indonesia dan sandar di Pelabuhan Tanjung Perak.”tuturnya

Dia menambahkan, Panjang kapal ini mencapai 335,33 m. “Secara kasat mata, dapat dilihat bahwa ukuran kapal ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan gedung Gapura Surya Nusantara yang panjangnya 112 m” jelasnya

Menurutnya, besarnya ukuran kapal dan banyaknya wisatawan yang diangkut oleh Genting Dream, tentunya banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut kapal dengan bobot 151.300 Gross Ton, Dan memilik 18 lantai setinggi 40 meter  ini.

“Berbagai pihak tampak ikut terlibat di dalamnya, mulai dari Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota Surabaya, Kepolisian, dan tak ketinggalan dari pihak Pelindo III” terangnya

Pihaknya telah menyiapkan fasilitas yang sangat memadai untuk kedatangan kapal ini.

“Dermaga sudah dipastikan dalam kondisi bagus, Garbarata bagian barat yang akan digunakan untuk naik dan turun penumpang juga sudah dipastikan dalam keadaan prima” tutur Onny

Mantan GM PT Pelindo III(persero) cabang Gresik ini menjelaskan, Selain itu, fasilitas di dalam terminal penumpang seperti Toilet, smooking room dan jaringan nirkabel juga sudah dipastikan dapat digunakan dengan baik.

Khusus untuk dermaga, Pelindo III bersama dengan Otoritas Pelabuhan dan Kantor Kesyahbandaran telah mengkondisikan agar kapal dengan lebar 39,7 meter tersebut dapat sandar dengan aman.

“Pelindo III juga menyiagakan Port Security untuk membantu mengamankan, baik di area dermaga, di dalam terminal hingga membantu dalam pengaturan sirkulasi kendaraan yang keluar masuk terminal Penumpang.” Ujarnya

Bukan hanya masalah fasilitas dan keamanan yang dijamin. Pelindo III juga ingin memastikan para wisatawan memiliki kesan tersendiri saat mengunjungi Indonesia, khususnya kota Pahlawan ini. beberapa pertunjukan telah disediakan bagi para penumpang kapal.

Penyambutan mulai dilakukan saat kapal memasuki wilayah perairan Tanjung Perak.

Dua buah kapal Pandu yang sudah memandu dari Karang jamuang telah disiapkan untuk melakukan Water Salute begitu kapal memasuki kawasan Tanjung Perak.

Sementara, Kepala Humas Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak
Daddy Sumartono mengatakan, Untuk memastikan bahwa para wisatawan ini mendapatkan informasi yang sesuai dan tepat, selain menyediakan information center, Pihak Pelindo III juga menyiagakan petugas petugas yang membawa tulisan Ask Me untuk membantu para wisatawan mendapatkan informasi terkait dengan gedung terminal penumpang, hingga tempat tempat wisata di Surabaya.

“Terkait dengan tempat tempat wisata ini, para wisatawan ini sudah disediakan beberapa paket wisata oleh pihak Agen diantaranya, Traditional Bull Race in Madura, Panoramic Trowulan Tour, Sparkling Surabaya yang mengelilingi House of Sampoerna Jembatan Suramadu Balaikota Surabaya dan Gereja Kepanjen.” terangnya

Dijelaskan Sumartono, Surabaya in Old Days yang meliputi Tugu Pahlawan Gereja Kepanjen Pasar Genteng Majapahit Hotel.

Surabaya Temple Tour meliputi Kenpark Patung Budha 4 Muka Kuil Sanggar Agung / Hong San Tan dan Monumen Kapal Selam.

Dia menambahkan, Genting Dream ini sendiri memulai perjalanan dari Singapura pada Tanggal 10 Desember 2017 dan tiba di Surabaya pada tanggal 12 Desember 2017 sekitar pukul 08.00 WIB, kemudian kapal akan melanjutkan perjalanan pada pukul 17.00 WIB menuju Celukan Bawang dan kemudian akan kembali ke Singapura.

Total perjalanan yang ditempuh adalah 6 hari 5 malam. Genting Dream ini sendiri merupakan Kapal Pesiar ketujuh yang sandar di Pelabuhan Tanjung Perak selama tahun 2017.

“Dan pada tanggal 26 Desember nanti, kapal ini akan berencana kembali mengunjungi Surabaya.” pungkasnya (Han/Don/Hms)

Komentar
Content Protection by DMCA.com