Kadishub Jatim : 7 ABK Kapal Kirana III Positif Covid-19

431
Nyono Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. Foto: Istimewa
Nyono Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. Foto: Istimewa

Surabaya | SIGAP88 – Sebanyak 7 orang anak buah kapal (ABK) KM Kirana III terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19)

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Nyono mengungkapkan, pemeriksaan swab terhadap ABK kapal penumpang milik perusahaan pelayaran PT Dharma Lautan Utama(DLU) itu dilakukan pada 12 Mei 2020.

“Seluruhnya ada sebanyak 35 ABK di KM Kirana III. Hasil swab menyatakan tujuh ABK terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Nyono saat konferensi pers bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin, (18/5)malam.

Saat ini, kata Nyono, 7 orang ABK tersebut sedang dalam perawatan di Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC) yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Terhadap 28 ABK lainnya saat ini dilakukan isolasi dengan pengawasan observasi dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP Kelas 1 Surabaya,” tuturnya mengutip Antara

Isolasi 28 ABK itu dilakukan di atas kapal Kirana III yang merupakan milik perusahaan pelayaran PT Dharma Lautan Utama di zona karantina yang berada di wilayah perbatasan Buoy 2 dan 3 perairan Tanjung Perak Surabaya.

“Isolasi di atas kapal atau karantina on board merupakan standar operasional prosedur yang ditetapkan oleh KKP Kelas 1 Surabaya,” katanya

Sebelumnya, pada Minggu (17/5), Dishub Jatim juga mengumumkan temuan penularan dari klaster kapal penumpang milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), yaitu KM Awu.

Dari 90 ABK, sebanyak 16 orang di antaranya dinyatakan reaktif hasil rapid test, sedangkan 74 ABK lainnya non-reaktif.

Sampai saat ini, 16 ABK sudah dirawat di RS PHC, sedangkan 74 ABK lainnya dilakukan isolasi mandiri di atas kapal di zona karantina kawasan Buoy 2 dan 3 perairan Tanjung Perak Surabaya.(antara/sigap88/don)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE