Kadinsos Sumenep : BPNT Berubah Menjadi Program Sembako

1557

Sumenep | Sigap88 – Tak banyak yang tahu,bahwa pada 2020 ini, Kementerian Sosial (Kemensos) mengubah program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) menjadi program Sembako.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Sumenep, Moh Iksan, Selasa(04/02/2020) dalam gelar Sosialisasi Kepada Camat se Kabupaten Sumenep tentang BPNT yang telah berubah menjadi program Sembako

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang program sembako dan mensukseskan program sembako lanjutan dari program BPNT,” kata Iksan

Iksan menambahkan, “Program sembako dilaksanakan mulai Januari 2020. Jumlah bantuan sejumlah Rp. 150.000,- dalam bentuk sumber karbohidrat (beras atau bahan pangan lokal seperti jagung, pipilan, dan sagu), sumber protein hewani (telur, ayam, daging sapi, dan ikan segar), dan sumber protein nabati (kacang-kacangan termasuk tempe dan tahu). Nanti penerima bantuan akan ambil bantuan sembako di e-waroeng” bebernya.

Mantan Kabid pariwisata ini memaparkan tentang perbedaan BPNT dengan Program sembako, “BPNT nilai Rupiahnya 110.000, KPM (Keluarga Penerima Manfaat) hanya menerima paket berupa beras dan telur, sedangkan program sembako nilainya Rp 150.000, KPM bisa leluasa memilih apa saja baik beras, telur, Daging ayam, sayur dan buah buahan,” jelasnya.

Tentunya, agen (e-waroeng) harus mempersiapkan barang yang diperlukan, setidaknya kebutuhan setiap hari masyarakat harus tersedia di agen.

“KPM bisa pesan terlebih dahulu kepada agen tentang kebutuhan yang mau di ambil,” jelasnya

Sedangkan jumlah KPM untuk sekabupaten Sumenep kata Moh Iksan sebanyak 114.000 untuk tahun 2020.

“Program sembako ini bertujuan untuk memperbaiki gizi masyarakat yang ada di bawah, sesuai dengan kebutuhan mereka, dan e-warung harus menyediakan apa yang dibutuhkan oleh KPM,” tuturnya.

Namun, kata Iksan apabila KPM selama tiga bulan tidak melakukan transaksi maka dana akan kembali ke kas Negara.

“Kepada e-waroeng dan kepada yang lainnya yang bertanggung jawab terhadap program ini jangan mengarah arahkan kepada siapapun biar berjalan dengan baik biar KPM yang memilih sendiri, karena sudah ada aturannya masing masing,”paparnya

Kegiatan yang terselenggara di Gedung Pemkab Sumenep lantai II ini, selain Kadinsos Kabupaten Sumenep, hadir pula Sekdakab Sumenep Ir. Edy Rasiyadi, Kasat Reskrim Polres Sumenep AKP Oskar, dan semua Camat se Kabupaten Sumenep, TKSK, Pendamping PKH.(Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE