Kades Tanoh Subukh Tidak Libatkan Sekdes Mengelola Dana Desa

0
1554

Kutacane, sigap88.com – Kepala Desa Tanoh subukh kecamatan babul rahmah, Aceh Tenggara diduga tidak menjalankan aturan terkait pengelolaan dana desa, karena tanpa melibatkan sekretaris desa sama sekali.

Sekretaris Desa Tanoh Subukh Asboron menjelaskan kepada media, Rabu 20 Februari 2019, dari proses pengajuan dana desa dirinya tidak pernah tanda tangani, bahkan kepala desa tidak pernah koordinasi.

“karena urusan tanda tangan, perencanaan dan pengelolaan dana desa tidak ada dilibatkan, sehingga saya tidak tahu berapa nominal dana desa yang di dapatkan dan untuk apa saja di gunakan, hal ini terjadi sejak tahun 2015 hingga tahun 2017,” jelas Asboron.

Menurut Sektretaris, masalah ini sudah pernah dilaporkan kepada Inspektorat dan Bupati, Wakil Bupati pada tahun 2017, jawaban pihak Inspektorat dan Bupati, Wakil Bupati sabar dulu, dan nanti akan di tanggapi segalanya.

PT Banner BaitiSholawat

Sementara kepala desa Islan Naenggolan ketika dihubungi menjelaskan, dirinya tidak meminta tanda tangan kepada sekretaris karena sudah tidak sepakat lagi.

“Kalau ada namanya enggak saya tanda tangani, saya biarkan begitu biar saya tidak terlibat” tegas Islan Naenggolan.

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2015 tentang susunan Organisasi dan Tata kerja Pemerintah Desa Pasal 7 berbunyi:

(1) Sekretaris Desa berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Desa.
(2) Sekretaris Desa bertugas membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi pemerintahan.
(3) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2), Sekretaris Desa mempunyai fungsi:
a) Melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi.
b) Melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum.
c) Melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan admnistrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa lainnya.
d) Melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.(MA)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE