Kades Batu Putih Laok Serahkan BLT-DD Tahap III Kepada 16 KPM

99

Sumenep | Sigap88 – Kepala desa Batu putih laok bersama Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Batu putih menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa tahap ke-III kepada 16 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berlangsung di Balai Desa Batu putih laok. Rabu (30/12/2020).

Sehubungan dengan keberadaan desa Batu putih laok yang mempunyai sekitar 2000 kepala keluarga (KK) di mungkinkan sudah merasakan bantuan baik dari program BLT-DD, bansos Provinsi maupun bansos pusat.

“Dimungkinkan masyarakat Batu putih laok yang data KK dan KTP lengkap sudah merasakan bantuan sosial,” ungkap kades Batu Putih Laok Hasan.

Dijelaskan oleh Kades Hasan ada beberapa pekerjaan fisik yang tidak terlaksana di karenakan dananya di alihkan kepada BLT-DD tahap ke-I ke-II dan ke-III.

“Pekerjaan fisik yang tidak terealisasi adalah rabat beton satu paket dan dua titik pengaspalan bahkan pemotongan dana makadam yang kesemuanya total Rp 319.100.000,” papar kades Hasan

Hal itu pihaknya mengikuti petunjuk dari Kementerian Keuangan dan Kementerian desa tentang pelaksanaan pencairan BLT-DD kepada masyarakat penerima manfaat.

“Sesuai dengan Kemenkeu dan Kemendes mengharuskan mengalokasikan BLT-DD melalui Dana Desa,” jelasnya

Maka, dialkukan Musyawarah desa (Musdes) yang melibatkan semua unsur di desa Batu putih laok baik BPD, Perangkat desa, para tokoh masyarakat untuk menentukan siapa yang layak mendapat BLT-DD dan pekerjaan apa yang harus di alihkan dananya untuk BLT,,” tandanya.

Lanjut Hasan, dengan kebijakan pemerintah memberikan BLT-DD untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 maka, harus di imbangi bagi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah menjadi ketentuan pemerintah.

“Kami berharap masyarakat juga memberikan timbal balik dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan selalu melaksanakan 3M untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Sementara Kapolsek Batu putih AKP M. Syakrani memberikan pemahaman kepada masyarakat, ditengah Pandemi Covid-19 ini hendaknya masyarakat tidak melakukan kegiatan yang menyebabkan kerumunan

“Sesuai dengan Maklumat Kapolri untuk tidak terjadi klasteri bsru dalam rangka menyambut Tahun baru 2021 hendaknya masyarakat tidak melakukan kegiatan keramaian, tidak boleh ada arak arakan dan tidak boleh ada kegiatan yang lain yang mengakibatkan kerumunan,” jelasnya.

Ditegaskan oleh Kapolsek Syakrani, apabila masyarakat tidak mengindahkan maklumat Kapolri maka pihaknya akan menindak tegas. “Kami akan menindak tegas apabila masyarakat tidak mengindahkan maklumat Kapolri,” tegasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE