Kacabdin Sumenep, Mengadakan Sosialisasi RPP di SMAN 1 Bluto

352

Sumenep | Sigap88 – Kepala cabang Dinas (Cabdin) Sumenep ,Sugiono Eksantoso mengadakan sosialisasi bersama para dewan Guru SMAN I Bluto Kecamatan Bluto, Sumenep, Madura, Jawa timur Rabu (12/2/2020) sekira pukul 08.00 wib.dengan menghadiri dua narasumber Hasanuddin S. Pd, MM dan A Sudianto M. Pd.

Giat Sosialisasi tersebut, terkait dengan penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang sebelumnya di anggap terlalu banyak membuat komponen sehingga dapat memberatkan Guru dari segi penyusunannya.

RPP yang di berlakuakan sebelumnya terdiri dari 13 Komponen, yaitu (1) identitas sekolah, (2) identitas mata pelajaran atau tema/subtema (3) kelas dan semester (4) materi pokok (5) alokasi waktu (6) tujuan pembelajaran, (7) Kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi (8) materi pembelajaran (9) metode pembelajaran (10) media pembelajaran (11) sumber belajar (12) langkah-langkah pembelajaran (13) penilaian hasil pembelajaran.

“Untuk itu, Menteri Pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan surat edaran bernomol 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)”. Kata Hasanuddin S. pd. MM.

Kita harap dari surat Edaran tersebut masalah RPP yang sebelumnya, bisa dapat berubah dengan RPP yang saat ini disusun dengan singkat, namun selagi dengan langkah prinsip Efektif, dan Berorientasi pada Murid

Dari surat edaran tersebut memuat 3 komponen yang intinya yaitu, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

“Untuk itu, jika dari ke 3 komponen tersebut berjalan dengan lancar, bisa jadi kita dapat mewujudkan prinsip efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid”. jelasnya.

Namun selain itu, terkait dengan RPP yang sebelumnya, Guru masih bisa menggunakannya, bahkan juga bisa melakukan Modifikasi Format di dalamnya.

“Semoga dengan keluarnya surat edaran Mendikbud ini dapat teruraikan sehingga dalam penyusunan RPP, akan lebih efisien, efektif, dan berorientasi pada Murid,” tandasnya. (Roby)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE