Kabupaten Sumenep Pastikan BPNT Terlaksana Bulan Oktober

0
0

Sumenep | sigap88 – Sesuai dengan keputusan Menteri Sosial(Mensos) pelaksanaan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) Kabupaten Sumenep akan terlaksana bulan Oktober 2019 mendatang.

Dinas Sosial(Dinsos) Kabupaten Sumenep melakukan langkah pemutahiran data penerima BPNT, sehingga benar benar tepat sasaran.

“Data penerima bantuan sosial yang tidak berhak menerima (mandiri) baik peserta PKH atau penerima bantuan Rastra murni akan dilakukan pemutakhiran data sehingga tidak ada lagi orang yang tidak berhak menerima bantuan, justru menerima bantuan PKH maupun Rastra,” kata Kepala Dinas Sosial kabupaten Sumenep, R Akhmad Aminullah. Jum’at (12/07/2019).

Menurutnya, langkah yang kami lakukan melakukan graduasi terhadap penerima PKH yang sudah tidak layak menerima bantuan (Mandiri) dan selanjutnya BPNT juga akan dilakukan graduasi.

“Pengambilan BPNT akan dilakukan di tiap tiap desa yang sudah ada e-warungnya yang ditunjuk oleh Bank Pemerintah yang bekerja sama dengan BPNT dan hal itu bagi wilayah tersebut IT nya tidak ada kendala,” ungkap Minul sapaan akrab Kepala Dinas Sosial Sumenep.

Namun, dirinya mengakui tingkat kesulitan dikabupaten Sumenep sangat tinggi mengingat kabupaten Sumenep mempunyai wilayah kepulauan yang jangkauan internet belum sampai ke daerah tersebut. “Wilayah kepulauan yang ada di kabupaten Sumenep masih ada desa desa yang belum terjangkau internet,” jelasnya.

Sehingga, wilayah yang tidak ada jangkauan internet bisa mengambil BPNT di desa terdekat atau di Kecamatan terdekat yang sudah ada e-warungnya.

“Apabila ada wilayah yang tidak terjangkau Internet maka tim Tikor melakukan evaluasi atau kunjungan, dan melakukan langkah yang harus diambil,” jelasnya

Dari hasil evaluasi tim Tikor apabila harus melakukan langkah mengantar beras milik penerima BPNT yang tidak ada jaringan internet di wilayahnya, maka dilakukan langkah dengan dana sharing dari APBD pemerintah daerah.

“Sesuai dengan surat perintah Kementrian Sosial untuk segera melaksanakan BPNT Kabupaten Sumenep di Bulan Oktober 2019, kami akan melakukan semaksimal mungkin dan kami optimis program ini akan berjalan dengan baik dan tepat,” tandasnya. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE