Kabupaten Sumenep Jadi Pilot Project Dalam Peningkatan Populasi Sapi Madura

0
687

Sumenep | SIGAP88 – Kabupaten Sumenep yang berada di ujung timur pulau Madura selain mempuyai puluhan Destinasi wisata, juga merupakan peternak sapi terbanyak di kepulauan Madura bahkan se-provinsi Jawa Timur.

Bahkan kabupaten Sumenep dinobatkan sebagai wilayah terbanyak populasi ternak sapi.

Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPKP) kabupaten Sumenep Ir Bambang Heriyanto, saat ditemui di ruang kerjanya,  Kamis, (11/07) menyampaikan bahwa kabupaten Sumenep merupakan satu satunya terbanyak jumlah peternak sapi se Jawa Timur.

“Populasi sapi ternak di kabupaten Sumenep sampai mencapai 367.362 maka dari itu kabupaten Sumenep mendapat reward dari Dinas Peternakan Provinsi Jatim,” kata Bambang (11/07/2019).

Bahkan pihaknya berkomitmen untuk lebih meningkatkan lagi populasi sapi ternak dengan membuat program yang spektakuler yaitu kampung IB.

“Rencananya program kampung IB akan di launching pada akhir bulan Juli 2019 dan insya Allah akan dihadiri oleh Gubernur Jatim,” jelasnya.

Mantan Kadis Dispertahortbun ini memaparkan, kampung IB merupakan program andalan dari Provinsi Jatim sehingga Sumenep menjadi Pilot project untuk kampung IB.

“Ini merupakan dasar kami dengan populasi sapi ternak yang sangat banyak, kami yakin kampung IB ini akan sukses sebagai sumber bibit dalam mempertahankan Ras sapi Madura”, ulasnya.

Sapi Madura merupakan salah satu sapi yang sudah menjadi catatan WHO, karena sapi Madura sangat berbeda dengan sapi daerah lain.

“Sapi Madura mempunyai kwalitas yang di unggulkan, harga lebih bagus, serat daging lebih halus dibandingkan sapi lain,” paparnya.

Hal itu, lanjut Bambang, untuk mempertahankan Ras sapi Madura sudah ada aturan yang mengikat dan melarang sapi Madura keluar dari pulau Madura, dan ada hukum yang mengancam setiap orang memotong sapi betina yang produktif dengan ancaman kurungan penjara.

“Kami mempunyai stresing nantinya setiap peternak sapi dikandangnya harus ada 1 atau 2 sapi yang bunting, dan stresing kami pula akan memberikan asuransi ternak sapi”, imbuhnya(Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE