Jelang Pilkada, Polres Kediri Giat FGD Samakan Persepsi

14

KEDIRI, SIGAP88 – Polres Kediri bersama KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum), beserta Satpol PP Kabupaten Kediri menggelar FGD (Focus Group Discussion) di Marwah Resto, Desa Adan-Adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Selasa (1/12).

Tujuan digelarnya acara FGD untuk mendiskusikan terkait permasalahan yang ada di wilayah Kabupaten Kediri, dan menyamakan persepsi menjelang pelaksanaan Pilkada. Dikarenakan tanggal 9 Desember 2020 nanti akan diadakan Pemilukada serentak khusunya di Kabupaten Kediri.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono mengatakan, pihak-pihak yang diberi kewenangan seperti Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan), Personel Polri, Satpol PP, diharapkan harus bisa meyakinkan kepada masyarakat untuk datang dan menggunakan hak pilihnya.

Juga hal baru yang mungkin sudah dipahami, diantaranya jumlah pemilih dalam satu TPS, ada pengaturan pembatasan, memakai masker, dilarang bersalaman, dan disediakan fasilitas protokol kesehatan.

“Pihak terkait yang diberi kewenangan bisa mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa dalam Pilkada tahun ini aman karena tetap mematuhi protokol kesehatan walaupun dalam masa-masa pandemi Covid-19. Larangan bersalaman, jaga jarak, wajib pakai masker, dan disediakannya fasilitas prokes demi keamanan dan kelancaran Pilkada tahun ini,” tutur Kapolres.

Eka Wisnu Wardhana selaku Komisiomer KPU Kabupaten Kediri menyampaikan, pelaksanaan Pilkada untuk tahun ini berbeda karena harus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Ditambahkan Eka, KPU juga sudah melaksanakan simulasi pemungutan suara dengan menerapkan protokol kesehatan di seluruh kecamatan di Kabupaten Kediri. Saat ini KPU juga telah melakukan sortir surat suara, tanggal 5 sampai dengan 6 Desember 2020, surat suara yang sudah selesai disortir akan dikirimkan ke setiap kecamatan di Kabupaten Kediri.

“Karena pandemi Covid-19 belum berakhir, untuk tahun ini pelaksananan pemilihan berbeda dari tahun sebelumya, kita harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Simulasi pemungutan juga sudah dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Kediri. Saya harap agar semua pihak bersama-sama mengawal jalannya Pilkada agar berjalan lancar dan kondusif,” terang Eka Wisnu. (pRiez)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE