Isolasi Pasien Covid-19 Diberlakukan Terpusat

141

Pasuruan, Sigap88 – Masyarakat Kota Pasuruan yang terkonfirmasi covid 19 tidak Boleh melakukan Isolasi Mandiri di rumah. hal ini diberlakukan, sejak hasil rapat koordinasi pada tanggal 11 februari 2021 di Aula Sanika Satya Wada Polres Pasuruan Kota.

Rapat di hadiri oleh Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, S.Ik, M.Si dan Dandim 0819 Pasuruan serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, peserta rapat para Camat, Kepala Puskesmas dan Kapolsek serta Danramil.

Hasil rapat diputuskan bahwa, setiap warga Kota Pasuruan yang terkonfirmasi covid 19 tidak boleh lagi melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta ambulance puskesmas akan menjemput pasien tersebut untuk dibawa ke tempat isolasi yang disediakan Pemerintah Kota Pasuruan,” Terang Kabaghumas Polres Pasuruan Kota AKP Endy Purwanto, SH.

Nantinya, pasien akan dibawa ke tempat isolasi yang disediakan Pemerintah, di Gradika Praja, yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman (Pangsud) Kota Pasuruan.

“Dan bagi orang yang menghalangi pelaksanaan petugas untuk mengisolasi akan dikenakan sanksi pidana, termasuk bila ada perangkat baik RT/RW atau siapapun yang tidak mematuhi aturan pemerintah,” Tegas Endy.

Dengan menindak lanjuti hal tersebut, saat ini Polres Pasuruan Kota bersama Tim Satgas Covid-19 telah melakukan penjemputan 3 pasien di Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. Penjemputan pasien tersebut dilakukan, setelah hasil swab terkonfirmasi positif Covid-19.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman S.I.K M.SI mengatakan, para pasien tersebut akan dibawa ke rumah isolasi di Rumah Karantina Gradika Praja Kota Pasuruan. Hal itu dilakukan guna menghindari adanya penularan.

“Jadi Polres Pasuruan Kota mendampingi satgas menjemput pasien positif tersebut. Awalnya pasien tersebut isolasi mandiri karena untuk menghindari penyebaran Covid-19 yang saat ini semakin masif,” kata AKBP Arman, Jumat (12/2/2021).

Arman menambahkan, total ada 3 orang yang dilakukan penjemputan oleh satgas Covid-19 Kota Pasuruan. Masing-masing di kecamatan Purworejo dan BugulKidul. Mereka akan menjalani karantina sebelum dinyatakan sembuh total berdasarkan swab.

“Jadi untuk di Kecamatan Purworejo ada dua orang, dan di Kecataman Bugul Kidul 1 orang” imbuh Kapolres.

Dijelaskan Arman, penjemputan pasien isolasi mandiri ini guna mencegah klaster-klaster baru penularan Covid-19. Untuk itu semua pasien positif Covid-19 diisolasi di tempat yang sudah disediakan.

“Untuk isolasi mandiri akan menambah penyebaran baru, maka dari itu pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 harus dilakukan isolasi di tempat yang saat ini sudah difasilitasi Satgas Covid 19 Kota Pasuruan,” terangnya. (Hms/Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE