Inspektorat Provinsi Jawa Timur Nilai Pengawasan Dana Desa Kabupaten Sumenep Lemah

0
262

Sumenep SIGAP88- Inspektorat provinsi jawa timur mengadakan sosialisasi dan pemahaman juga pemantapan tentang program Dana Desa (DD) kepada semua perwakilan kepala desa se-kabupaten Sumenep.

Acara ini di selenggarakan di pendopo Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, Jawa timur pada hari Senin (16/10)

Dalam acara itu di hadiri oleh Inspektorat Provinsi Jawa timur, Inspektorat Kabupaten Sumenep, Camat Kota dan Camat Gapura juga di hadiri oleh perwakilan kepala desa di beberapa kecamatan se kabupaten Sumenep.

“Program ini merupakan program yang sangat mengena sekali bagi pengguna anggaran Dana Desa agar lebih paham karena selama ini banyak kesalahan kesalahan dalam penerapan Dana Desa bahkan sampai ke pembuatan SPJ yang rata rata keliru” papar Helmy selaku sekretaris Inspektorat Jawa Timur

Helmy menambahkan, Dalam hal ini banyak kepala desa merasa kesulitan dalam menangani dan menjalankan program pemerintah yang berbentuk Dana Desa (DD).

‘kami hanya bisa meluruskan tentang permasalahan yang di hadapi oleh semua kepala desa”, ungkap Sekretaris Inspektorat Provinsi jawa timur ini

Helmy menambahkan acara ini digelar merupakan bentuk Inovasi atau kreatifitas kita sebagai Inspektorat provinsi Jawa timur.

“walaupun ini bukan wewenang kami karena tugas kami hanya sampai pada SKPD saja, kami hanya sebatas pengawasan dan pembinaan tapi kami berani mengambil terobosan dengan berinovasi yang langsung pelayanan kepada masyarakat” terangnya pada media ini

Drs. Helmy Sekretaris Inspektorat Jatim

Menurutnya, Selama ini sejak di cairkanya Dana Desa pengawasanya lemah sehingga Indikatornya banyak aparat desa ditangkap oleh penegak hukum karena ada kesalahan dalam pengelolaan Dana Desa, ini tidak secara langsung direspon.

“Kami sangat kwatir nantinya kalau tidak ada respon terus akan semakin banyak yang akan menjadi masalah” ungkap Helmy.

Helmy menandaskan, Melihat hal ini kami memberanikan diri memberikan wawasan langsung kepada kepala desa jadi kepala desa bisa konsultasi sepuasnya terkait dengan Dana Desa.

“Kami juga mengupayakan kepala desa bisa benar benar puas dan paham terkait dengan penerapan Dana Desa sehingga bisa meminimalisir kesalahan dan bisa selamat dari permasalahan Hukum, tandasnya. (Min)

Komentar
Content Protection by DMCA.com