Ini Penyebab Rastra Belum Tersalurkan di Kepulauan Sumenep

0
1522

Menunggu Persetujuan Penambahan Biaya Dari Bulog Pusat

Sumenep SIGAP88 – Sembilan kecamatan yang berada di kepulauan wilayah kabupaten Sumenep, Jawa timur sampai saat ini belum tersalurkan beras sejahtra (Rastra) dari gudang Bulog Kertasada, Sumenep.

Menurut kepala Dinas Sosial melalui Kabid penanganan fakir miskin Drs Moh. Zeini menyampaikan, pengiriman Rastra ke wilayah kepulauan merupakan tanggung jawab Bulog.

“Sesuai hasil rapat dan hasil kesepakatan pemerintah daerah dengan Bulog, pengiriman Rastra ke kepulauan merupakan wewenang gudang Bulog”, kata Zeini

Dijelaskan oleh Zeini bahwa sebelumnya biaya pengiriman Rastra dari pelabuhan ke titik distribusi di tanggung oleh Pemkab Sumenep, namun sekarang semua biaya transportasi dari gudang Bulog ke titik distribusi (desa) di tanggung oleh Bulog sesuai kesepakatan.

Sementara Waka Bulog Divre Madura Rahmatullah saat di konfirmasi melalui saluran teleponnya menyampaikan, molornya pengiriman Rastra ke kecamatan kepulauan, di karenakan di tahun 2019 kami perum Bulog harus menanggung sepenuhnya biaya pengiriman ke wilayah kepulauan yang sebelumnya di tahun 2018 dibantu oleh Pemkab melalui APBD

Karena tidak ada biaya subsidi dari Pemkab Sumenep maka 100% biaya angkut kewilayah kepulauan Bulog yang harus mengcover

Sehingga ada potensi kekurangan pembiayaan karena biaya tersebut sudah diploting sehingga perlu kami meminta persetujuan kepada kantor pusat.

“Kewenangan kami terbatas, sehingga diperlukan pengajuan ke Bulog pusat”, kata Waka Bulog Divre Madura.

Namun sejauh ini kami dari Bulog Divre Madura selalu komonikatif dan mengirim surat kepada Bulog Divre Jatim yang di teruskan ke Kantor Bulog pusat untuk meminta tambahan kekurangan biaya angkutan ke kepulauan.

“Saat ini menurut informasi yang kami terima kantor pusat melakukan rapat pembahasan mengenai penambahan biaya pengiriman Rastra ke kepulauan”, jelasnya.

Diharapkan dalam waktu dekat ini atau minggu ini kami bisa menerima surat persetujuan penambahan biaya pengiriman Rastra ke kepulauan, sehingga kami akan segera melakukan pengiriman Rastra kekepulauan.

“Kami berharap masyarakat bisa bersabar, karena sejauh ini kami telah melakukan semaksimal mungkin cepat merealisasikan Rastra ke kepulauan, dan kami mohon dukungannya kepada masyarakat Kepulauan”, pungkasnya. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE