Ini Kata Mbah Gimbal Soal Festival Keraton Dan Masyarakat Adat Asia Tenggara Ke V

0
0

Sumenep, SIGAP88 – Festival Keraton dan Masyarakat Asia Tenggara ke V yang di selenggarakan di bumi Sumekar, Sumenep, Jawa timur rencananya akan di hadiri langsung oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo.

Para Raja raja yang berada di Nusantara sudah hadir di kabupaten Sumenep dan hadir pula para pakar budaya seluruh Nusantara.

Dalam festival keraton dan masyarakat adat asia tenggara yang ke V dihadiri pula oleh Mbah Gimbal yang merupakan sosok pencinta Budaya.

“Budaya di Indonesia sangat banyak dan saking banyaknya pemerintah saat ini terlena sehingga budaya kita mulai terkikis oleh peradaban teknologi”, ucap mbah Gimbal, Sabtu (26/10)

“Kesenian yang dulu digemari oleh kita dan sekarang jarang sekali muncul bahkan tidak sama sekali, hal ini pemerintah harus lebih efektif dalam memberikan dorongan agar budaya kita tetap terjaga dan lestari”, paparnya.

Mengangkat kembali budaya peninggalan nenek moyang melalui festival yang di selenggarakan oleh perintah Kabupaten Sumenep, sehingga setiap daerah menampilkan semua budaya yang ada.

Meningkatkan kembali minat masyarakat tentang budayanya dibutuhkan kerja sama antara pemerintah terkait dengan ormas budaya diwilayah, bisa bersinergi dan ada keterkaitan.

Mbah Gimbal yang aktif sebagai pemain sinetron di 7 manusia harimau dan The Master yang ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta ini mengatakan, Madura, terutama di kabupaten Sumenep mempunyai beragam budaya.

Sehingga sangat diperlukan pemerintah bersama masyarakat bersinergi melakukan suatu trobosan dalam rangka melestarikan budaya yang ada.

“Sumenep mempunyai budaya yang beraneka ragam seperti budaya tari, batik, keris, ukir, kuliner dan yang lain”, jelasnya.

Maka diperlukan terobosan dengan mengadakan festival atau pameran yang menampilkan budaya Sumenep bekerjasama dengan orang orang kesenian.

Bahkan, Mbah Gimbal yang sering menjadi duta budaya sebagai perwakilan Negara Indonesia ke luar Negeri mengapresiasi pemerintah Sumenep yang menjembatani pelestarian budaya leluhur.

Pemerintah Sumenep sudah menunjukkan diri sebagai penggerak agar supaya budaya yang ada di Sumenep lebih dikenal oleh orang luar, apalagi dengan Destinasi wisata yang sangat komplit berada di kabupaten Sumenep.

“Giat Pemerintah kabupaten Sumenep sangat perlu diapresiasi oleh semua kalangan dengan memberi promo dalam mengembangkan budaya, apalagi dengan kecanggihan teknologi sangat memungkinkan, budaya dan Destinasi wisata yang ada di kabupaten Sumenep akan berkembang pesat”, pungkas Mbah Gimbal. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE