Imigrasi Kalteng Tindak Tegas WNA Yang melanggar Perizinan

0
51

Palangka Raya, Sigap88 – Memasuki tahun 2018, Kantor Imigrasi Palangka Raya melakukan pengawasan ketat terhadap ijin tinggal bagi Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kalteng Hendiartono pengetatan pengawasan terhadap WNA tersebut, terkait banyaknya investor asing yang melakukan ekspansi bisnis di wilayah Provinsi Kalteng seperti perusahaan sawit, pertambangan dan lainnya.

“Tentunya hal itu harus ada pengawasan dari pihak Imigrasi terutama terhadap para Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan kegiatannya di Kalteng,” Ujar Hendiartono, Senin (16/4/18).

“Ia menyebutkan pihaknya seringkali menemui WNA yang menggunakan pasport untuk kunjungan, Tapi perjalanan para WNA tersebut malah melakukan kegiatan bisnis dan bekerja dibeberapa perusahaan hal itu jelas-jelas sebuah pelanggaran,”Tuturnya.

Lebih lanjut Hendriartono yang baru saja dilantik menjadi Kepala Kantor Imigrasi Kalteng ini mengatakan dari tahun 2017 terdapat beragam pelanggaran Keimigrasian yang dilakukan oleh sejumlah WNA yang datang ke bumi Tambun Bungai ini.

“dari habisnya masa ijin tinggal atau overstay ada juga yang menggunakan ijin kunjungan untuk bekerja atau melakulan bisnis dan alasan beragam lainnya mulai dari faktor ekonomi hingga urusan asmara. Namum kami tetap melakukan Deportasi atau pemulangan terhadap WNA yang terbukti melakukan pelanggaran itu.

Ia memastikan jika pihak Imigrasi Kalteng akan terus melakukan koordinasi dengan pihak instansi terkait manapun seperti Kepolisian dan TNI juga beberapa intansi lainnya, Hal ini kita lakukan sebagai bentuk pengawasan dan penyelesaian permasalahan perijinan terkait imigrasi,” Pungkasnya.(Riz)

Komentar
Content Protection by DMCA.com