‘Hulk’ Minta APH Segera Menangkap Pelaku Perusakan APK GIAT

24

Pasuruan, Sigap88 – Perusakan terhadap beberapa alat peraga kampange, banner atau poster milik pasangan calon (paslon) Walikota Pasuruan Syaifulloh Yusuf dan Adi Wibowo, mendapat kecaman keras dari tim relawan GIAT.

Pasalnya, perusakan yang sengaja dilakukan oleh orang – orang yang tidak bertanggungjawab itu dirasa sangat merugikan paslon Gus Ipul – Mas Adi (GIAT) dan sangat tidak terpuji.

Seperti yang diungkapkan koordinator tim relawan GIAT Sahabat Hulk, Amin Suprayitno, yang begitu menyayangkan atas kejadian yang telah merusak tatanan demokrasi menjelang Pilkada Kota Pasuruan 2020.

“Kami sangat menyayangkan atas peristiwa perusakan terhadap banner Gus Ipul – Mas Adi. dan kami mengecam keras kepada siapapun yang telah melakukan hal yang tidak terpuji ini,” Ungkap Amin Suprayitno, Minggu (25/10).

Dikatakan Amin Suprayitno, atas peristiwa perusakan banner GIAT, Bawaslu Kota Pasuruan, bisa mengungkap siapa pelaku dibalik perusakan yang dinilai telah mencoreng proses demokrasi ini.

“Bawaslu, harus bisa mengungkap pelaku perusakan terhadap banner milik GIAT dibeberapa tempat. kalau tidak, jangan sampai kami beranggapan bahwa Bawaslu, tidak netral dan terkesan berpihak ke salah satu paslon,” Tegas pentolan Pospera Kota Pasuruan ini.

Menurut pria tambun yang akrab disapa ‘HULK’ itu bahwa, Bawaslu harus segera bertindak. “Sebab, kalau tidak segera bertindak, takut akan terjadi kejolak yang akan menciderai demokrasi yang ada di kota Pasuruan,” Katanya.

Sementara, merujuk pada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 280 ayat (1) huruf g tentang Pemilihan Umum bahwa, pelaksana, peserta dan tim kampanye Pemilu dilarang merusak dan/atau menghilangkan Alat Peraga Kampanye peserta Pemilu. dan Pasal 521 Jo pasal 280 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pelaku pengrusakan APK dapat dikenai sanksi pidana pemilu maksimal dua tahun dengan denda paling banyak Rp 24 juta.

Selain itu, Ia juga berharap, (Red- Amin Suprayitno) agar pihak aparat penegak hukum, dalam hal ini TNI – Polri bisa berperan penting dalam menjaga kondusifitas, menjelang proses Pilkada Kota Pasuruan 2020 ini.

“Aparat penegak hukum, agar segera menangkap pelaku perusakan APK milik GIAT, hal ini agar tercipta suasana yang aman dan tidak ada konflik yang mengarah ke horisontal antar pendukung,” Harapnya.

Disisi lain, terlihat dilokasi base camp / posko Sahabat Hulk, tengah mempersiapkan puluhan banner yang akan dipasang ke beberapa lokasi, termasuk mengganti banner yang dirusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Banner Gus Ipul – Mas Adi (Giat) dirusak, pasang lagi. dirusak, tak buatkan lagi yang lebih banyak. tapi ingat, GIAT nomer 1 harus menang. sebelah, harus pulang, dan diganti Gus Ipul,” Tukas Amin Suprayitno, Ketua Tim Sahabat ‘Hulk’.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE