HSN 2020, Sebagai Refleksi Peningkatan Pendidikan Moral

42

Sumenep | Sigap88 – Momentum Hari Santri Nasional tahun 2020 dijadikan sebagai refleksi peningkatan pendidikan moral dan akhlak bagi peserta didik

Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Sumenep Drs Ec.. Carto, MM Menyampaikan, momentum Hari Santri Nasional tahun 2020 yang bertemakan Santri sehat Indonesia kuat, merupakan refleksi pendidikan moral dan akhlak menuju Indonesia kuat.

“Kita semua harus berterima kasih kepada kaum santri yang mana mereka semua telah berjuang untuk kemerdekaan ini,” kata Kadindik Carto. jum’at (23/10).

Seperti yang kita ketahui, kata Carto peran besar para Ulama, Kiai dan santri memperjuangkan Bangsa kita dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah mengorbankan harta dan jiwa.

Maka, kita yang meneruskan kemerdekaan ini wajib meneruskan perjuangannya beliau Lewat pendidikan. “Dengan pendidikan moral dan akhlak bagi anak penerus Bangsa akan menjadikan Indonesia kuat,* ungkapnya.

Dalam situasi Pandemi Covid-19 ini kita tetap menggalakkan pendidikan kepada anak anak. “Dihari santri Nasional 2020 ini suasananya beda dengan tahun sebelumnya, sehingga kita harus benar benar konsisten memberikan pendidikan kepada siswa/i ditengah Pandemi Covid-19” tegasnya.

Menurut Carto ada empat hal yang perlu diterapkan kepada siswa/i dalam pendidikan Islami, olah hati yaitu Akhlak, tatakrama, sopan santun harus diberikan sejak dini.

“Semua Ilmu didasari dengan olah rasa, baik akhlak, sopan santun dan Budi pekerti,” terangnya.

Selanjutnya olah rasa, yang mana siswa/i diberikan pembelajaran baik dan buruk yang nantinya menimbulkan rasa empati. Kemudian olah pikir, dimana kita memberikan pembelajaran kepada siswa/i mengenai metode yang diberikan oleh guru.

Sedangkan, olah raga, kita membutuhkan kesehatan maka, untuk menerima pendidikan kita harus sehat. Ini sesuai dengan motto hari santri Nasional 2020 Santri sehat Indonesia kuat.

“Keempatnya harus berurutan yaitu didahului oleh olah hati, olah rasa, ilmu dan kesehatan,” ujarnya.

Diharapkan, dengan pendidikan karakter seperti itu anak anak bisa baik dunia aherat. “Hal itu akan berjalan baik dan sukses atas dorongan dan dukungan dari Guru, kepala sekolah, dan peran penting orang tua dan lingkungan,” pungkasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE