Hindari Penularan Covid-19, Disnav Kelas I Surabaya Launching Aplikasi PNBP Berbasis Online

230

Surabaya | SIGAP88 – Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Kemenhubla), Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Surabaya melaunching aplikasi pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) berbasis web dan android atau secara online.

Hal ini dilakukan Disnav kelas I Surabaya untuk mempermudah pelayanan kepada para pelaku bisnis di sektor laut dan mengurangi potensi penularan covid-19

Dalam kegiatan acara peluncuran aplikasi berbasis online ini dilakukan secara Dalam Jaringan (Daring) dengan dihadiri Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo melalui video conference.

IMG 000000 000000 1Agus mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Disnav kelas I Surabaya. Melalui aplikasi online ini, maka akan sekaligus mengurangi tatap muka antara pelaku bisnis dengan petugas.

Sementara, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Surabaya, Gunung Hutapea,MM disela-sela acara mengatakan, bahwa selama ini penagihan PNBP di sektor perhubungan laut masih dilakukan secara manual atau tatap muka, dikarenakan saat ini pandemi Covid-19, sehingga dibutuhkan sistem berbasis teknologi untuk mengurangi kegiatan bertatap muka.

“Selama ini petugas harus pergi puluhan kilometer untuk memungut PNBP, padahal tarifnya tidak terlalu besar tetapi biaya operasionalnya lebih besar. Hal ini tidak efisien, sehingga dengan adanya aplikasi berbasis online ini tidak perlu ke mana-mana,” terangnya, Rabu (12/8/2020).

Gunung menambahkan aplikasi ini merupakan yang pertama kali dan Distrik Navigasi Kelas I Surabaya menjadi pilot project selama 3 bulan.

“Diharapkan, dengan adanya platform digital untuk pembayaran PNBP ini bisa menggenjot penerimaan Negara bukan pajak dari sektor perhubungan laut.” Sambungnya

Selain mengurangi potensi penularan Covid-19, sistem aplikasi ini diharapkan juga memaksimalkan realisasi pendapatan.

Yang mana, dari target Rp33 miliar hingga akhir tahun, Disnav kelas I Surabaya baru mencapai Rp17 miliar hingga akhir semester pertama tahun ini.

“Kami harapkan realisasi PNPB ini bisa meningkat dengan adanya kemudahan. Namun memang PNBP di sektor ini juga tergantung pada tren kunjungan kapal, kalau melihat kondisi Covid-19 seperti sekarang memang kunjungan kapal agak menurun,”pungkas Gunung (Han/Don)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE