Hari Sasongko: Masalah Fingerprint Hal Sepele

0
7448

Malang,Sigap88 – Fingerprint yang terpasang digedung DPRD Kabupaten Malang, masih menyisakan polemik namun, menurut keterangan Ketua DPRD Kabupaten Malang, Hari Sasongko sebagai bentuk pengamanan saat rapat, alasan hari sasongko seringnya orang nyelonong masuk saat ada rapat.

Bertempat dikantor Ketua Dewan (17/1/2019) Hari Sasongko menegaskan “Alat yang terpasang ini adalah bentuk pengamanan ketika ada rapat, saya tidak ingin terganggu saat aktivitas sedang berlangsung”, tuturnya.

Lanjutnya, “Ketika kita sedang diskusi sering orang tiba-tiba masuk tanpa izin maka agenda kita terganggu”, tegasnya.

Saat ditanya mengenai sekuritas Gedung DPRD, Hari Sasongko malah mencontohkan sistim pengamanan metal detector security chek saat memasuki gedung di DPR RI Senayan Jakarta.

“Sebenarnya masalah ini hal sepele kok, tapi dibesar besarkan kalau nggak ada yang memercikan gak mungkin ramelah kabar ini”, katanya.

Ditanya tentang besarnya anggaran, Hari Sasongko menjawab, “Saya tidak tahu besarnya anggarannya, tapi kira-kira Rp 20.000.000 tapi turun menjadi Rp 10.000.000 untuk dua unit alat fingerprint. Satu dipasang diluar ruangan saya dan satunya diruang komisi, lebih jelasnya tanyakan pada pengguna anggaran yaitu ke Sekretaris Dewan”, jelasnya.

Berbeda dengan pernyataan Hari Sasongko, dari pengamatan awak media terkait keamanan gedung dan ruangan, dinilai cukup aman. Terbukti ada satuan pengamanan, layanan resepsionis sebagai penerima tamu yang tugas dan fungsinya mendata tamu dan sebagai titian informasi sebelum tamu menemui anggota dewan, serta pintu-pintu ruangan yang induk dan anak kuncinya masih berfungsi dengan baik. Pemasangan alat scanning ini over protective karena tidak ada situasi luarbiasa yang membutuhkan perisai keamanan seprivat fingerprint.

Masih di gedung dewan, awak media menemui PPK DPRD Kabupaten Malang, Sutiman untuk menanyakan besaran anggaran yang dikeluarkan untuk pembelanjaan dan pemasangan fingerprint, namun yang bersangkutan tidak berani menjawab pertanyaan awak media dan melemparkan ke sekretaris dewan “Saya tidak berani menjawab. Silahkan tanya ke Sekretaris Dewan, tapi beliau sekarang masih dinas luar”, terang Sukiman.(rud)

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA/Telp 0838 3025 3823 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS