Hari Jadi ke 813, Pemkab Tulungagung Gelar Kirab Nagari

1004

Warga Antusias Berebut Tumpeng Raksasa

Tulungagung, SIGAP88 – Ratusan warga di Tulungagung Jawa Timur, saling berebut tumpeng raksasa dalam Upacara adat Bersih Nagari di halaman pendopo Kabupaten Tulungagung.

Prosesi ritual kirab atau bersih nagari yang digelar dengan nuansa tradisional kerajaan itu berlangsung keramat.

Diawali dengan kirab ratusan warga yang berbusana adat Jawa untuk mengiringi sepasang tumpeng raksasa yang diberi nama Tumpeng Lanang dan Tumpeng Wadon diarak keliling kota Tulungagung.

Tujuan dari kirab tumpeng ini adalah sebagai wujud dari rasa syukur atas rezeki yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada warga Tulungagung. Sekaligus sebagai perwujudan doa warga Tulungagung agar terhindar dari bermacam musibah dan bencana.

Upacara adat ini untuk memperingati hari jadi Kabupaten Tulungagung yang ke-813. Warga percaya bahwa upacara adat ini agar kabupaten Tulungagung selalu hidup dalam kemakmuran dan juga untuk melestarikan budaya leluhur.

Usai didoakan, dua tumpeng raksasa yang berisi sesaji lengkap dengan lauk pauknya dan hasil bumi ini langsung menjadi rebutan ratusan warga.

Warga percaya, bila mendapatkan salah satu sesaji dan hasil bumi maka akan mendapat keberkahan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, prosesi kirab digelar mengelilingi pusat kota pemerintahan di jantung Kota Tulungagung, mulai halaman Pemkab Tulungagung di Jalan Ahmad Yani Timur hingga pendopo di utara alun-alun.

Tak hanya disaksikan warga umum, ratusan siswa-siswi SD dan SMP di sepanjang jalur atau rute pawai juga tampak antusias menyaksikan rangkaian kegiatan hingga selesai.
Sutarmin (50), salah seorang warga Ngantru yang ikut berebut tumpeng ini mengaku senang bisa mendapatkan aneka buah-buahan.

Sutarmin mengaku sering kali mengikuti acara berebut ini, tampak di guratan wajahnya sumringah saat mendapatkan bagian dari tumpeng raksasa. “Ini bisa mendapat berkah,” ujarnya, Minggu (18/11/2018).

Sementara, Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menjelaskan, upacara adat Bersih Nagari ini merupakan bentuk rasa syukur warga akan limpahan berkah yang selama ini masyarakat dapatkan.

Melalui upacara adat ini pihak Pemkab berharap Tulungagung akan semakin lebih baik di tahun mendatang.(Don/Des)

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA 0838 3025 3823 dan Telp 081 249 484 666 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS