Harga Tembako Anjlok, Komisi II DPRD Sumenep Akan Mengambil Langkah

70

Sumenep | Sigap88 – Masyarakat Madura pada umumnya di Kabupaten Sumenep, dalam setiap musim kemarau selalu menanam tembakau. sangat berharap dari hasil tembakau tersebut bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Namun, dalam beberapa tahun ini, para petani yang berharap besar dari tembakau, kandas dikarenakan harga tembakau tidak seperti yang di harapkan.

Hal itu mengusik salah satu anggota komisi II DPRD Sumenep H. Masdawi untuk melakukan langkah bagaimana petani mendapatkan untung dari tanaman yang dulunya disebut daun emas (tembakau).

Dirinya menyampaikan, Komisi II akan segera mengadakan pertemuan dengan semua pengusaha tembakau yang ada di sumenep, untuk membahas harga yang akan dijadikan patokan.

“Kita harus duduk bersama baik Legislatif, maupun Pemerintah daerah, untuk membantu petani agar harga tembakau tahun ini tidak terlalu murah,” kata H. Masdawi. Selasa (25/8/2020).

Selain itu kita harus bersama sama melakukan pengawasan jangan ada yang mempermainkan harga, karena ini menyangkut para petani tembakau.

“Kita akui merawat tanaman tembakau sangat sulit, para petani tidak kenal waktu baik siang dan malam terus bekerja, maka kita sebagai wakil rakyat akan fokus membantu para petani dengan melakukan pengawasan bersama,” terangnya.

Apalagi, kata anggota DPRD Sumenep dua periode ini, tembakau Madura merupakan tembakau yang berkualitas tinggi dibandingkan dengan tembakau lain yang ada di Indonesia. “Tembakau Madura ini merupakan tembakau pilihan yang berkualitas tinggi, maka selayaknya tembakau Madura mempunyai harga yang istimewa,” terangnya.

Dirinya berharap, Pemerintah daerah harus mencari jalan bagaimana harga tembakau petani bisa meningkat seperti yang diharapkan.

“Hemat saya Pemerintah bisa membentuk Hom Industri kreatif melalui BUMD, untuk meningkatkan harga tembakau petani, Pemerintah bisa membeli tembakau petani yang nantinya Pemerintah bisa menjual tembakau kepada perusahaan Pabrikan, dengan begitu kesejahteeaan para petani tembakau akan terjaga dan akan meningkat,” pungkasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE