GP Sakera Apresiasi Kepedulian Kapolres Situbondo Terkait Hilangnya Artefak

0
38

Situbondo, Sigap88 – Raibnya sejumlah artefak di Dusun Krajan, Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten resmi dilaporkan ke SPKT Polres Situbondo oleh LSM Wirabhumi, Kamis (12/07) siang.

Dalam laporan tersebut menyebutkan bahwa sejumlah artefak di situs Melek diketahui hilang dari tempatnya pada hari Senin (09/07/2018).

Diterimanya laporan ini oleh pihak Polres Situbondo menjawab keraguan sejumlah kalangan terkait perhatian aparat penegak hukum atas laporan yang terkait cagar budaya di Situbondo.

GP SAKERA (Gerakan Perlawanan Situbondo Anti Korupsi Edukasi Resistensi Advokasi) menyatakan apresiasinya atas sikap APH (Aparat Penegak Hukum).

“Satu kemajuan yang berarti bahwa penanganan kecagarbudayaan di Kabupaten Situbondo mendapat perhatian serius dari Polres Situbondo, saya semakin optimis penegakan hukum di Situbondo akan lebih baik dengan ketegasan dan kepemimpinan Kapolres Awan Hariyono”

“Larena koordinasi GP Sakera dengan Kapolres dan Wakapolres terkait hilangnya artefak tersebut benar-benar ditindaklanjuti”, tutur Syaiful Bahri, Ketum GP SAKERA.

“Proses hukum itu juga berdampak dapat mengedukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga cagar budaya. Artefak semacam balok batu andesit dari kaca mata awam seperti barang yang biasa-biasa saja, etapi bagi para pegiat sejarah ini harus diselamatkan”, tambahnya.

Harapannya, kata Syaiful, barang tersebut segera dapat ditemukan dan ada kepastian hukum terhadap pihak yang mencurinya.

Pihak LSM Wirabhumi yang sebelumnya melakukan konsultasi hukum kepada GP SAKERA mengaku bahwa hal tersebut berkat perhatian yang baik atas aset negara yaitu cagar budaya.

“Hilangnya artefak di lokasi Situs Melek yang teregister dengan nomor 62/STB/2017 patut mendapat respon dari pihak yang berwajib untuk segera diusut. Tadi saya atas nama LSM Wirabhumi telah di-BAP di ruang reskrim Polres Situbondo,” ucap Agung salah satu Pengurus LSM Wirabhumi.

Kasubag Humas Polres Situbondo Ipda Nanang Priyambodo membenarkan telah adanya laporan hilangnya sejumlah artefak di lokasi situs.

“Laporan sudah diterima dengan nomor
STTLP/196/VII/2018/Jatim/Res Situbondo”, ujar Kasubag Humas Polres Situbondo Ipda Nanang Priyambodo. (Ony)

Komentar
Content Protection by DMCA.com