Giat Swasembada, Babinsa Koramil 426-02/Menggala Turun ke Sawah

159

TULANGBAWANG, SIGAP88-Tugas Pemdampingan pertanian yang dilaksanakan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) adalah tugas yang harus dilaksanakan dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan Nasional.

Mendampingi para petani turun langsung ke sawah, juga untuk membantu para PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) yang jumlahnya sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah petani yang ada.

Sebagai Babinsa harus belajar untuk dapat memiliki ilmu pertanian kususnya yang berkaitan dengan pertanian tanaman pangan, TNI- AD juga telah mendidik para Babisa dibidang pertanian pangan, untuk mendukung swasembada pangan nasional, diharapkan ilmu yang dimiliki bisa diterapkan secara langsung dilapangan dan bisa membantu kesulitan para petani.

Serda Priyo Santoso, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 426-02/Menggala, Kodim 0426/Tulang Bawang, mendampingi petani turun sawah dalam rangka pendampingan pertanian di Kampung Pasiran Jaya, Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulang Bawang, Minggu (08/02/2020).

Menurut Serda Priyo Santoso, kehadiranya di sawah karena ingin memberikan dukungan dan arahan serta memberikan semangat kepada para petani yang baru bisa menanam padi karena terkendala air.

Lanjut Priyo, agar tidak gagal panen, para petani harus berpedoman pada aturan yang telah diterima, dari mulai pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, pemupukan dan penyiangan serta perawatanya harus sesuai dengan ketentuan, pungkasnya.

Ditempat yang sama Siswanto (43) salah satu petani padi Kampung Pasiran Jaya menuturkan, dirinya sangat senang, saat mencabut bibit padi ditemani bapak Babinsa, ternyata beliau suka humor dan menyenangkan, kami bisa bertukar pikiran tentang pertanian kususnya masalah tanaman padi, terangnya.(paidi)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE