Gara Gara Chat Whatsaap,IWO Malang Raya Laporkan Pimred Media Malang News Ke Dewan Pers dan Polres Batu

1122

Malang,Sigap88 – Salah satu Pimpinan Redaksi (Pimred) media online lokal Eko Sabdianto (Dian) diduga telah melecehkan Dewan Pers. Pasalnya, dalam komentar di group whatsapp yang ditulisnya menyinggung wartawan yang sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW), bahkan seolah olah kedudukan diklat kewartawanan yang diadakan salah satu lembaga lebih tinggi dari UKW.

“Oalah kaet eroh sing diklat gak lulus, tapi ukw lulus iku ta?,” tulis Dian di group WA.

Atas pernyataan tersebut, Sugeng Irawan mantan ketua PWI Malang Raya menyampaikan bahwa postingan komen dalam screenshot tersebut, diduga ada 2 unsur pelecehan yang pertama melecehkan wartawan yang bersangkutan atas ujaran kebencian, dan yang kedua melecehkan dewan pers selaku produsen.

“UKW itu lembaga resmi uji kompetensi wartawan, dan pengujinya yang pasti yo pilihan tingkat doktor, sedangkan diklat, hanyalah setingkat pembekalan, dan pematerinya variasi. UKW penguji pilihan dewan pers,” ujarnya dihubungi awak media Selasa (06/11/2018)

Dan itu menurutnya bisa dilaporkan ke penegak hukum, dengan dugaan pelecehan terhadap produk dewan pers selaku penyelenggara UKW. “Bisa itu dilaporkan, dugaan pelecehan terhadap produk Dewan Pers,” kata dia.

Berbeda dengan tanggapan Humas IWO Malang Raya,sebagai jurnalis apalagi seorang Pimred,kurang pantas membicarakan obrolan di grub whatsaap yang mengandung bahasa yang memantik perdebatan hingga menimbulkan perselisihan dari teman seprofesi”.tutur Rudi dikantor IWO jalan Tretes Selatan no 1 Kota Malang.

Rudi juga mengatakan kalau UKW itu sangat penting dan di organisasi IWO Semua anggota diwajibkan berstatus Sudah UKW,sebelum di uji dengan dewan pers maka tiap anggota diwajibkan mengikuti diklat diklat khusus sebagai pembelajaran dasar sebelum diuji kemampuaannya oleh Dewan Pers maupun lembaga Uji yang berkredibel dibidangnya”.Tegasnya.

Di tempat yang sama ,santoso Redaktur Beritalima.com yang juga sekretaris IWO malang Raya,merasa tersinggung dengan membaca chat salah satu group jurnalis,dalam ketikan via Whatsaap Pimpinan Redaksi media MalangNews mengetik “Oalah kaet eruh sing diklat gak lulus tapi UKW lulus ,,,,? Sambil memakai emotion bingung.

Merasa dilecehkan, Santoso dan Organisasinya akan melaporkan Pimred Malangnews ke Polres Batu dan Dewan Pers di Jalan kebon sirih no 32,34 Gambir,Jakarta Pusat.(*)

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA 0838 3025 3823 dan Telp 081 249 484 666 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS
Content Protection by DMCA.com