Gagal Paham Konsep Rumah Rakyat Polemik Akses Finger Print di DPRD Kabupaten Malang

0
12904

Malang,Sigap88- Polemik pemasangan fingerprint door access system di beberapa ruang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, Jawa Timur, terus menuai respons. Yang terbaru, Koordinator Forum Rembug Tani Malang Raya, Zulham Akhmad Mubarrok menilai bahwa tindakan tersebut merupakan arogansi para wakil rakyat.

Akses pintu masuk dengan sidik jari itu dinilai akan membatasi akses rakyat yang ingin berkunjung kepada wakilnya di Gedung Dewan.

’’Sepertinya kawan-kawan saya di Gedung DPRD sedikit berlebihan. Konsep Gedung DPRD sebagai rumah rakyat tentu gugur dengan sendirinya akibat pemasangan alat ini,’’ ujar Zulham.17/1/2019 di kediamannya.

Zulham memahami, secara teknis pemasangan itu tentu berkaitan dengan tupoksi Sekretariat Dewan (Sekwan) yang memang mengurusi rumah tangga Gedung DPRD.

Tetapi, aksi politisi di DPRD yang mendiamkan proses pemasangan tersebut bisa diartikan bahwa mereka ikut mengamini gagal paham konsep rumah rakyat akibat pembatasan akses masuk ke ruangan tersebut.

’’Saya lebih sepakat jika akses seperti itu dipasang di ruangan-ruangan yang menyimpan file penting atau bahkan data vital DPRD daripada ke ruangan pimpinan atau bahkan ruang rapat,’’ ujar pria yang juga menjabat sebagai Juru Bicara Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Malang tersebut.

Sebagai representasi petani, Zulham mengingatkan, bahwa para anggota DPRD sebagai wakil rakyat memiliki tiga fungsi. Yakni, pengawasan, legislasi, dan anggaran. Nah, dari tiga fungsi tersebut, rakyat adalah muara dari aktivitas mereka. Karena itu, keterbukaan terhadap akses masuk ke gedung dewan tentu menjadi hal yang utama agar sesuai dengan predikat mereka sebagai wakil rakyat.

’’Jangan sampai yang dipahami gedung dprd adalah ‘rumah dewan’ bukan ‘rumah rakyat’ wah iso kliru kabeh Sam,’’ kata Sekretaris LTN PCNU Kabupaten Malang itu.(rud)

Jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan silahkan menggunakan Hak Koreksi & Hak Jawab Via Email : redaksi@sigap88.com atau WA/Telp 0838 3025 3823 Sesuai UU No. 40/1999 Pasal 5 Tentang PERS