Festival Batik Sumenep Tidak Mencerminkan Budaya Sumenep

0
752

Sumenep SIGAP88- Pagelaran Festival batik Kabupaten Sumenep dalam rangka Visit Sumenep 2018 yang di selenggarakan oleh pemerintah Daerah pada hari Sabtu (9/12) sangat mencoreng budaya Kabupaten Sumenep.

Kebupaten Sumenep merupakan wilayah pesantren yang merupakan kultur budaya yang kental dengan keagamaan, sehingga festival ini begitu banyak kecaman dari beberapa kalangan seperti dari ketua LSM Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GARIS).

Supardi Ketua LSM Garis menyampaikan bahwa gelar Festival batik yang di selenggarakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Sumenep sangat tidak sesuai dengan budaya Sumenep.

“Ini merupakan festival ajang buka aurat karena kami melihat para peserta kebanyakan memamerkan bentuk tubuhnya”, jelas Supardi.

Saya sebagai masyarakat Sumenep sangat miris melihat pencorengan budaya Sumenep setidaknya Panitia harus memberikan aturan tertentu dalam pagelaran batik ini.

“Saya sangat menyayangkan festival yang seharusnya mengangkat budaya Sumenep justru mencoreng budaya Sumenep”.

Ini pembuktian pemerintah Kabupaten Sumenep sangat tidak mengindahkan kultur budayanya sendiri, ungkap Supardi.

Di harapkan kepada tokoh masyarakat dan juga tokoh Agama bisa menyikapi hal ini agar supaya budaya Sumenep tidak tercoreng. (Koes)

Komentar
Content Protection by DMCA.com