Dua Titik Destinasi Wisata di Kabupaten Sumenep Menurun 30 Persen

0
344

Sumenep sigap88- Visit Sumenep 2018 merupakan program Pemerintah Kabupaten Sumenep, sehingga banyak masyarakat Kabupaten Sumenep yang tak jarang untuk mengelolah tempat guna dijadikan tempat wisata.

Dampak tersebut sangat di rasa dengan adanya pengunjung di semua tempat wisata yang ada di wilayah kabupaten Sumenep.

Namun, hal tersebut ada beberapa tempat destinasi wisata yang menurun pengunjungnya seperti di tempat wisata Pantai sembilan dan tempat wisata Tectona.

Menurut Parto, salah satu petugas pengelolah tempat wisata Tectona yang berada di desa Torbamg kecamatan Batuan kabupaten Sumenep mengatakan, untuk tahun 2018 pengunjung di wisata Tectona menurun sampai 30 persen.

“Pengunjumg tempat wisata Tectona untuk tahun 2018 menurun sampai 30 persen di bandingkan dengan tahun 2017 dikarenakan hari lebaran tepat pada hari Jum’at sehingga masyarakat banyak yang enggan untuk keluar”, jelas Parto.

Selain itu Parto juga mengatakan para pengunjung yang masuk ke kawasan wisata Tectona di dominasi dari kabupaten Pamekasan, sedangkan dari kabupaten Sumenep sendiri sangat minim.

Lain halnya dengan tempat wisata Pantai sembilan yang tahun 2017 kemaren merupakan tempat wisata yang paling di minati oleh para pengunjung lokal Sumenep, bahkan dari luar kabupaten Sumenep sendiri.

Menurut beberapa pengelola jasa pelayaran (perahu), tahun 2018 ini pengunjung yang melalui jasa angkut ke tempat wisata pantai sembilan mengalami penurunan sampai mencapai 30 persen.

“Menurunnya pengunjung ke tempat wisata yang melalui jasa angkut dari pelabuhan desa Tanjung Kecamatan Saronggi menuju pelabuhan desa Bringsang kecamatan Gili genting di karenakan cuaca extrim, ombak sampai mencapai 2 meter”, jelas Sahrumo.

Bahkan pemerintah kabupaten Sumenep melalui Dinas perhubungan (Dishub) Sumenep mengeluarkan surat edaran bahwa untuk masyarakat yang mau ke tempat wisata segi tiga emas yang berada di wilayah kabupaten sumenep sementara di tutup.

Dengan hal tersebut mengakibatkan banyak masyarakat yang enggan ke tempat wisata yang ada di kepulauan di karenakan faktor cuaca.

Menurutnya memang ada beberapa hal menurunnya pengunjung ke tempat destinasi wisata pantai sembilan, salah satunya di karenakan faktor cuaca yang tidak bersahabat, dan faktor pengunjung yang sudah tahu tentang wisata tersebut sehingga banyak yang tidak kembali lagi, serta banyaknya tempat wisata yang bermunculan di kabupaten Sumenep sehingga masyarakat banyak pilihan untuk berkunjung di tempat wisata. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE