DPRD Sumenep Gelar Rapat Paripurna Raperda TA 2021

23

Sumenep | Sigap88 – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep Madura beesama pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda APBD tahun anggaran 2021, berlangsung di ruangan rapat DPRD Sumenep. Selasa (17/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sumenep Dr KH A. Busyro Karim, M.Si menyampaikan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomer 120 Tahun 2018. Atas perubahan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomer 80 Tahun 2015 tentang pembuatan produk hukum Daerah serta tata tertib DPRD Kabupaten Sumenep.

“Kita telah melakukan penandatanganan naskah persetujuan bersama tentang tiga rancangan peraturan daerah (Rapeeda) Kabupaten Sumenep,” kata Bupati Busyro.

Pembentukan peraturan daerah kata Busyro merupakan tugas dan kewenangan konstitusional sekaligus aktualisasi prinsip kemitraan antara kepala daerah dengan DPRD yang di bantu oleh perangkat daerah yang kedudukannya sebagai unsur penyelenggaraan kepemerintahan di daerah sebagaimana di atur dalam perundang undangan.

Dalam pemaparannya Bupati Busyro yang sudah menjabat Bupati dua periode ini mengatakan, Tiga Raperda yang telah di sepakati dan di tandatangani bersama dengan DPRD Sumenep tentang, perseroan perusahaan Daerah Sumekar, Raperda tentang perusahaan perseroan Daerah wirausaha Sumekar, dan Raperda tentang perusahaan umum daerah, air minun Sumekar.

“Dari ketiga Raperda yang telah disepakati tersebut telah difasilitasi oleh Gubernur Jawa timur yang telah disempurnakan sesuai dengan hasil fasilitasi tersebut,” terangnya

Hal ini kata Bupati Busyro, menggagalkan ketentuan pasal 90 ayat 4 Permendagri nomer 120 Tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri Nomer 20 tahun 20015 tentang pembentukan produk hukum daerah.

Berdasarkan ketentuan pasal 101 ayat 3 Permendagri Nomer 120 Tahun 2018. Ke 3 Raperda tersebut akan dilakukan pengajuan untuk mendapatkan nomer registrasi kepada Gubernur Jawa timur.

“Semua mekanisme yang telah di lakukan telah sesuai dengan perundang undangan yang berlaku,” tegasnya.

Bupati Busyro berharap, dengan tiga Raperda yang telah disepakati bersama ini dapat bermanfaat bagi penyelenggaraan kepemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu pula Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir mengatakan DPRD sebagai mitra dari Pemerintah akan membantu pemerintah dalam menentukan langkah kebijakan yang akan diambil dalam pembangunan.

ÔÇťRaperda yang telah kami sepakati bersama diharapkan dapat membawa peningkatan pembangunan, dan peningkatan pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Sumenep,” harapnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE