DPKS Berikan Penghargaan Kepada Komite Berprestasi di HUT PGRI ke-74

254

Sumenep | SIGAP88 – Peran Komite Sekolah sangat besar dalam meningkatkan pendidikan di sebuah lembaga, karena Komite sekolah merupakan humas dan corong kepada masyarakat tentang pendidikan di lembaga sekolah.

Maka, demi mengoptimalkan dan menghargai kinerja yang dijalankan oleh komite sekolah DPKS (Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep) memberikan penghargaan kepada komite yang telah berprestasi mengembangkan pendidikan di lembaga sekolahnya.

Menurut Komisioner DPKS Suhaidi menyampaikan, kreteria penilaian terhadap komite yang mempunyai prestasi diantaranya aspek administrasi, inovasi dan partisipasi.

“Komite yang mempunyai tiga katagori tersebut maka akan menjadi penilaian yang sangat positif (prestasi),” kata Suhaidi.

Diharapkan, nantinya dengan mempunyai skil administrasi, inovasi dan partisipasi bisa memberikan kontribusi besar dalam peningkatan pendidikan di lembaga sekolah tersebut. “Komite yang kreatif dimungkinkan sekolah tersebut akan meningkat karena hal itu merupakan amanat,” jelasnya.

Menurut, Suhaidi, dari 100 komite yang menjadi fokus penilaian, memang banyak tantangan yang harus di jalankan oleh komite dalam rangka peningkatan pendidikan di lembaga sekolah.

“Kami akui di beberapa lembaga sekolah komite tidak jalan hanya formalitas saja, dan sebagian pula komite berjalan dengan baik,” tegasnya.

Dirinya menyebutkan, ada delapan komite sekolah dari penilaiannya merupakan komite yang berprestasi dan layak mendapatkan riwerd dari DPKS.

“Kedelapan komite benar benar memiliki misi yang jelas dalam meningkatkan pendidikan,” terangnya.

Untuk meningkatkan komite yang belum berjalan, pihaknya akan mrmberikan penguatan kepada komite sekolah. “Ditahun 2020 kami akan melakukan turba untuk memberikan penguatan kepada komite agar pendidikan di Sumenep sesuai dengan yang diharapkan bersama,” paparnya.

“Kami akan memberikan pengertian, memberikan eksistensinya, bahwa sebenarnya posisinya sangat fital sebagai patner kepala sekolah dan kami akan mengingatkan kepada kepala sekolah agar komite diperdayakan, karena tanpa peran komite lembaga tidak berjalan sebagaimana mestinya, maka antara kepala sekolah dan komite harus sinergi dalam pengelolaan lembaga untuk peningkatan pendidikan bagi generasi muda penerus Bangsa,” pungkasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE