Disperindag Sumenep Gelar Percepatan Pengembangan Perwilayahan Industri

182

Sumenep | Sigap88 – Dalam rangka percepatan pengembangan, penyebaran dan perwilayahan industri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep, Madura menggelar kegiatan koordinasi dan sinkronisasi dengan penataan sentra Siwalan yang terselenggara di Desa Nyabakan barat, Kecamatan Batang batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur. Senin (21/3/2021).

Hadir dalam Kegiatan yang terselenggara di Balai desa Nyabakan barat, Kepala Disperindag Sumenep yang diwakili oleh Kabid. Pemberdayaan Muhammad Halil. Camat Batang batang Ir Joko Suwarno, MM, Nara sumber dari UNISA Prof Dr Titi Taufiqurrahmah, M.Si Kepala Desa Nyabakan barat Riskiyah beserta staf.

Kabid Pemberdayaan Muhammad Halil menyampaikan, dalam pengembangan percepatan pengembangan harus melalui struktur yang terkelola sehingga para pengrajin olahan Siwalan menjadi gula akan terstruktur.

“Dari struktur tersebut nantinya pemerintah akan gampang memberikan bantuan peningkatan kepada para perindustri olahan siwalan dengan memberikan alat ,” kata Kabid Halil.

Sedangkan Camat Batang batang Ir Joko Suwarno mengatakan, dalam mengembangkan industri maka masyarakat Desa Nyabakan barat yang bergelut dalam bidang pengolahan Siwalan harus mempunyai wadah.

“Saya sangat mengapresiasi Disperindag yang mengedepankan produk wilayah seperti penataan sentra Siwalan,” kata Camat Joko.

Maka dari itu, kita harus meningkatkan SDM dengan memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga UMKM yang di rancang oleh pemerintah Kabupaten Sumenep akan berjalan dengan baik.

“Dengan pelatihan dan pengembangan akan meningkatkan ekonomi masyarakat di desa Nyabakan barat,” ucapnya.

Sementara, Narasumber dari UNISA Prof Dr Titik Taufiqurrahmah menyampaikan, untuk meningkatkan kualitas dan mutu dari produk tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Seperti, kualitas produk tersebut yang bermutu tinggi, “setidaknya olahan dari Siwalan yang berupa gula aren bisa mempunyai mutu dan kualitas yang tinggi serta aman untuk di simpan lama,” ungkapnya.

Selain itu yang perlu kita perhatikan adalah packing yang bisa menarik bagi pembeli, sehingga minat pembeli akan meningkat.

“Dengan begitu pembeli akan berminat sehingga tidak akan mengandalkan pembeli yang biasa, akan tetapi bagaimana mencetak pembeli pembeli baru,” ucapnya.

Hal itu perlu dukungan dari semua pihak seperti pemerintah daerah. “,Peran pemerintah sangat besar dengan memberikan edukasi dan pelatihan bagi masyarakat, juga memberikan bantuan peralatan untuk mencetak produk yang lebih baik dan praktis,” terangnya.

Setidaknya, pemerintah bisa memberikan peluang pangsa pasar yang lebih baik bagi masyarakat yang aktif dalam kegiatan pengolahan Siwalan menjadi gula.

“Langkah tersebut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan SDM Masyarakat,” tuturnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE