Dishub – Satlantas Polres Paskot Gelar Ops Gabungan

26

Pasuruan, Sigap88 – Operasi Gabungan yang melibatkan Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polres Pasuruan kota, dilaksanakan pada Selasa, (16/3/21) di Terminal Blandongan, Jalan Ir. Juanda, Kota Pasuruan.

Operasi ini digelar, dalam rangka pencanangan terhadap pengendara akan Sadar Keselamatan dan Ketertiban Lalu Lintas serta Angkutan Jalan, tahun 2021.

Dalam Operasi kali ini, petugas menyasar para pengendara roda 4 dan kendaraan besar Truk maupun angkutan umum, yang melintas di area terminal Blandongan, untuk dilakukan pemeriksaan surat – surat hingga buku kir, uji kelayakan kendaraan.

Kasi Lalin UPT P3 LLAJ Probolinggo Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur M. Binsar G Siregar, menjelaskan bahwa kegiatan operasi ini untuk memberikan pembinaan dan edukasi kepada para pengemudi dan para kru Bus serta penumpang kendaraan besar seperti Bus dan truk.

“Buku Kir Uji Kendaraan besar seperti bus dan truk yang masa berlakunya sudah habis, dan kurang diperhatikan perawatannya, kita lakukan pemeriksaan dan pengecekan rem dan ban,” Ujarnya.

Siregar juga mengatakan, menjaga dan merawat kendaraan, seperti perawatan pada rem maupun ban, sangatlah penting demi keselamatan bersama.

“Disamping kesehatan orangnya dengan mematuhi protokol kesehatan, kesehatan terhadap kelayakan kendaraan juga perlu dijaga, khususnya pada rem dan ban kendaraan, karena keselamatan nyawa, lebih utama,” Katanya.

Sementara, Kanit Patroli Turjawali Satlantas Pokres Pasuruan Kota Ipda. Merdhania Pravita Shanty mengatakan, Operasi ini dilakukan untuk mengurangi laka lantas, dimasa pandemi covid- 19.

“Mulai awal tahun belum pernah dilakukan pemeriksaan tentang kelengkapan kelayakan surat – sirat kendaraan besar seperti bus dan truk tentang kelayakan jalan,” Kata Ipda Merdhania.

Kami, lanjut Merdhania, “Menghimbau agar para pengguna jalan untuk mematuhi peraturan lalu lintas serta melengkapi surat kendaraan, khususnya kendaraan besar seperti bus dan truk untuk memperhatikan kelayakan jalan kendaraannya,” Lanjutnya.

Diketahui bahwa, dalam operasi tersebut Satlantas mendapatkan pelanggar sebanyak 24 pengguna kendaraan, diantaranya 14 orang tanpa membawa Sim dan 10 orang kurang kelengkapan surat – surat kendaraan.

Dari Dishub sendiri, berhasil menjaring 16 kendaraan besar 14 diantaranya tidak memperhatikan masa buku kir uji berkala kendaraan, 2 ijin trayeknya mati dan 1 tanpa membawa buku uji sehingga total keseluruhannya 40 kendaraan yang terjaring dalam operasi tersebut (Pur/Bjo)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE