Dishub Provinsi Jatim Sidak Kelayakan Perahu Penyeberangan di Sumenep

0
415

Sumenep sigap88- Dinas Perhubungan Provinsi (Dishub) Jawa timur mengadakan monitoring ke beberapa pelabuhan rakyat yang ada di kabupaten Sumenep, Jawa timur.

Dalam monitoring melibatkan 16 personil dari Dishub provinsi Jawa timur, Dishub Kabupaten Sumenep, Sahbandar dan Satpolair pada hari Selasa 17 Juli 2018.

Ir Achmad Fadil perwakilan dari Dishub Provinsi Jawa timur, mengatakan operasi pengamanan laut terpadu dalam rangka infentarisasi kelayakan perahu penunpang yang ada di seluruh pelabuahan yang ada di kabupaten Sumenep.

“Ada 114 pelabuhan rakyat yang ada di kabupaten Sumenep dan sekitar 500 lebih perahu rakyat yang di operasikan untuk penumpang antar pulau di kabupapen sumenep”, jelas Fadil.

PT Banner BaitiSholawat

Sampai saat ini keberadaannya sangat memprihatinkan karena tidak mempunyai standart, diantaranya standart keselamatan, alat komonikasi, alat Navigasi sangat kurang dan surat dukumennya kurang lengkap.

Dengan operasi ini kami akan lebih tahu secara detail tentang keberadaan angkutan laut yang ada di pelabuhan rakyat,

“Kami akan mengimpelitalisir jumlah kapal dan akan melakukan bantuan seperti yang sudah di lakukan di pelabuhan Kalianget, Gersik putih, Dungkek dan bulan ini kami lakukan di pelabuhan Tanjung dan Cangkareman”, jelasnya pula

Kamladu akan melakukan pengawasan yang lebih ketat dan akan melakukan tindakan preventif terhadap kapal yang masih belum memenuhi standar keamanan pelayaran.

Fadil menambahkan pula bahwa Dinas Perhubungan akan memberikan bantuan secara bertahap kepada semua kapal yang ada, dan setiap kapal akan mendapat bantuan 120 persen kebutuhan alat pengamanan

“Banyak kapal yang masih belum mempunyai ijin trayek, dan pengurusan ijin trayek untuk penyebrangan kapal antar pulau di dalam kabupaten adalah wewenang Kabupaten”, imbuh Fadil. (Pick)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE