Dishub Kota Kediri Sosialisasikan (RASS) Dikalangan Pelajar Tingkat SMKN

0
33

Kota Kediri sigap88- Upaya meningkatkan kesadaran berlalu lintas kepada pelajar terus dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri dengan kegiatan Sosialisasi keselamatan RASS (Rute Aman Selamat Sekolah) yang digelar dibeberapa sekolah, Salah satunya Sosialisasi yang dilakukan di SMKN 3 Kota Kediri yang diikuti puluhan siswa, Jumat (8/3).

Selain itu, tujuan diadakannya Sosialisasi tersebut untuk menanamkan jiwa tertib lalu lintas di kalangan pelajar serta memperluas pengetahuan siswa bagaimana cara berkendara dengan baik dan benar yang mengutamakan keselamatan pengguna jalan sesuai dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2009.

Menurut Kabid Keselamatan Dinas Perhubungan Kota Kediri Andik, Sosialisai seperti ini akan terus dilakukan di sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman mengenai fungsi dan manfaat Rute Aman Selamat Sekolah sehingga bisa menekan angka kecelakaan yang terjadi di kalangan pelajar.

“Dengan kegiatan ini diharapkan siswa-siswi bisa lebih memahami rambu dan aturan lalu lintas demi keselamatan dalam berkendara di jalan raya,” katanya.

PT Banner BaitiSholawat

Metode sosialisasi, lanjut Andik, Metode sosialisasi ini peserta diberikan preetest mengenai pengetahuan keselamatan berlalu lintas dan tanya jawab.

Kemudian peserta diberikan kuesioner dan bagi yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan doorprize. “Berdasarkan hasil kuesioner didapatkan kenaikan tingkat pemahaman tentang berkendara yang baik dan benar oleh peserta secara signifikan,” ujar Andik.

Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) di Kota Kediri telah diresmikan pada pertengahan Tahun 2017. Program tersebut untuk mendorong siswa dan orang tua agar memilih menggunakan sepeda dan berjalan kaki, atau menggunakan angkutan umum dengan modal yang selamat, aman, nyaman, dan menyenangkan pada saat berangkat ataupun pulang dengan selamat.

Selain jalur sepeda, fasilitas keselamatan yang terkait program RASS di Kota Kediri yaitu Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yang berwarna merah di depan sekolah dilengkapi dengan marka Zebra Cross dan tulisan “Zona Selamat Sekolah”

Selain itu, dilengkapi alat bantu penyebrangan Pelican Crossing (untuk menyalakan lampu trafic light penyebrangan dan membunyikan sirine penyebrangan) , Halte, Warning Light, Alat Pembatas Kecepatan (Pita Penggaduh), Marka berbiku-biku kuning (dilarang parkir pada jalan tersebut) dan rambu-rambu lalu lintas. (pRiez)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE